Sekum PBSI Sumut Mengundurkan Diri

Edy Ruspandi/Net
Edy Ruspandi/Net

Kabar mengejutkan muncul dari jajaran pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Utara.


Sosok Sekretaris Umum PBSI Sumut Edy Ruspandi mengundurkan diri dari jabatannya. 

Ihwal pengunduran diri ini dibenarkan langsung oleh Edy Ruspandi. Ia bahkan mengaku sudah mengirimkan surat pengunduran dirinya ke Pengurus Pusat PBSI. 

"Ya sudah," katanya menjawab konfirmasi dari RMOLSumut, Kamis (21/10/2021).

Sejauh ini, Edy masih belum merinci secara detail alasan pengunduran dirinya. Namun informasi yang diperoleh menyebutkan pengunduran diri ini terkait situasi terbaru yang terjadi di tubuh PBSI Sumut yang sedang diguncang atas mencuatnya legalitas formal yang tidak mereka miliki berdasarkan putusan Badan Arbitrase Olagraga Indonesia (BAORI) Nomor 05/P.BAORI/2018 yang menyatakan batal demi hukum SK PP PBSI nomor SKEP/047/4.2.2/V/2018 tentang pengukuhan Pengurus Provinsi PBSI Sumatera Utara masa bakti 2018-2022.

Meski persoalan ini sudah mencuat, namun Edy tidak diberikan kewenangan untuk memberikan keterangan kepada publik. Selain itu, perbedaan pendapat antara Edy dengan beberapa pengurus lainnya di PBSI Sumut mengenai pola pembinaan atlet bulutangkis hingga penataran para pelatih di tubuh PBSI juga disebut menjadi persoalan yang membuatnya memilih mundur.