Bobby Nasution Tinjau Sekolah Tatap Muka Di SMP Negeri 1 Medan

Bobby Nasution memantau Pembelajaran Tatap Muka di SMP Negeri 1 Medan/RMOLSumut
Bobby Nasution memantau Pembelajaran Tatap Muka di SMP Negeri 1 Medan/RMOLSumut

Pelaksanaan sekolah dengan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) sudah mulai dilaksanakan di SMP Negeri 1 Medan, Senin (21/6/2021).


Pelaksanaan PTM ini ditinjau langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Dalam keterangannya, Bobby mengatakan pelaksanaan PTM di SMP Negeri 1 ini merupakan bagian dari simulasi awal dalam rangka melaksanakan pembelajaran yang sama di Kota Medan.

"Tadi kita meninjau persiapan sekolah tatap muka. Simulasi bagaimana ruangan kelas dan jumlah siswa di dalamnya. Dan sistem pembelajaran seperti apa termasuk bagaimana pengenalan protokol kesehatan," katanya kepada wartawan.

Bobby menjelaskan, pelaksanaan sekolah dengan sistem PTM ini harus tetap mengacu pada aturan yang ada. Protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dipatuhi dimana fasilitasnya harus tersedia di sekolah. Mengenai jam belajar juga mengacu pada instruksi dari Presiden Joko Widodo yang hanya memperbolehkan belajar selama 2 jam dalam sehari dan 2 hari dalam seminggu.

"1 hari hanya mengikuti 2 jam pelajaran saja tatap muka dan dalam seminggu itu 2 kali. Kita juga lihat, kalau jumlah siswa masih terlalu banyak sesuai jumlah yang diizinkan oleh orang tua, maka harus dipikirkan lagi caranya. Mungkin dibagi menjadi 2 shift," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, sekolah tatap muka di SMP Negeri 1 Medan diawali dengan kewajiban seluruh siswa dan guru untuk mencuci tangan pada tempat yang disediakan di depan sekolah. Mereka juga diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak di dalam dan luar ruangan.