Siang Ini Samsir Pohan Pimpin Rapat Pleno KNPI Sumut, Pleno Pemecatan Dirinya Masuk Agenda Pembahasan

Tangkapan layar Undangan Pleno KNPI Sumut/Ist
Tangkapan layar Undangan Pleno KNPI Sumut/Ist

KNPI Sumatera Utara siang ini akan menggelar rapat pleno di Hotel Dharma Deli, Kamis (18/3). Pleno ini disinyalir menjadi balasan dari pleno yang dilakukan oleh beberapa pengurus DPD KNPI Sumatera Utara di Hotel Grand di Hotel Grand Kanaya, Medan, Senin (15/3) yang memutuskan pemecatan Samsir Pohan sebagai Ketua DPD KNPI Sumut.


Dalam undangan yang beredar, undangan rapat hari ini ditujukan kepada pengurus DPD KNPI Sumatera Utara yang ditandatangani oleh Samsir Pohan sebagai ketua. Akan tetapi pada kolom Sekretaris DPD KNPI Sumut tidak lagi terlihat tanda tangan Nurul Yaqin Sitorus yang ikut dalam Pleno KNPI Sumut di Hotel Grand Kanaya, melainkan diteken oleh Syafii Sitorus selaku wakil sekretaris.

Samsir Pohan tidak membantah agenda rapat tersebut. Kepada RMOLSumut ia mengatakan ada beberapa agenda yang akan dibahas termasuk soal Pleno di Grand Kanaya tersebut.

"Agendanya konsolidasi organisasi, termasuk pembahasan soal itu. Tapi tidak agenda tunggal," ujarnya.

Rapat ini menurutnya dilakukan secara hybrid, dimana pengurus yang ada di Kota Medan akan melakukan rapat dalam ruangan di Hotel Dharma Deli, namun pengurus yang di luar Kota Medan juga bisa mengikutinya secara virtual.

"Kita lakukan secara hybrid, sehingga seluruh pengurus bisa ikut serta," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya pleno DPD KNPI Sumut yang digelar di Hotel Grand Kanaya telah memutuskan memecat Samsir Pohan dari Ketua KNPI Sumut. Ahmad Khairuddin ditunjuk sebagai Plt. Ketua dan diminta untuk mengkonsolidasikan seluruh OKP dan berkomunikasi ke versi KNPI lainnya.

Pemecatan ini disebut karena Samsir tidak mendukung penyatuan kepengurusan KNPI yang sudah digagas dari pusat. Namun, Samsir Pohan membantahnya.