Rektor UISU Ajak Mahasiswa TIngkatkan Kreativitas Dibidang Perfilman 

Rektor UISU Yanhar Jamaluddin/RMOLSumut
Rektor UISU Yanhar Jamaluddin/RMOLSumut

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengajak mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan kreativitasnya dalam rangka meningkatkan kemampuan sesuai dengan minatnya masing-masing.


Hal itu dikatakan Rektor saat memberikan sambutan usai pemutaran film budaya berjudul berjudul Sinandong Perawan yang dilaksanakan di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Jumat (24/9).

Kegiatan pemutaran film itu juga dihadiri Mansur Nasution selaku Sutradara dari Manunggal Jaya Production, Wakil Rektor UISU Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA, Pimpinan Fakultas dan perwakilan mahasiswa dari seluruh Fakultas di lingkungan UISU.

Dikatakan Rektor, media audiovisual seperti halnya film dapat menjadi salah satu media yang digunakan UISU untuk mengimplementasikan dakwah islamiyah sebagai salah satu catur dharma UISU. Pembuatan film dapat menjadi sarana dan media untuk menyampaikan pesan dakwah kepada masyarakat secara luas.

Disisi lain, kata Rektor, mahasiswa juga dapat menyalurkan minat untuk berkreasi dalam bidang seni. Pihaknya yakin, banyak mahasiswa yang pernah aktif di dunia teater dan seni Ketika di bangku sekolah. “Sekarang saatnya kita harus mengemebangkannya,”ujar Rektor sembari mengatakan bahwa UISU akan memberikan support untuk pengembangan kreativitas mahasiswa, salahsatunya dalam bidang seni dan budaya.

Pihaknya berharap, kedepan ada rumah produksi yang dapat bersinergi dengan UISU untuk menghasilkan film. Soal refrensi dan materi, Rektor mengatakan banyak tema yang dapat dijadikan bahan pembuatan film di lingkungan UISU. Salah satunya film bercorak budaya dengan materi terkait tentang kesultanan langkat dalam pusaran makar dan hegemoni yang secara kajian ilmiah telah dilakukan penelitian dan FGD secara komprehensif. “Mudah-mudahan mimpi ini bisa diwujudkan dalam rangka untuk lebih mengenalkan UISU,”ucapnya.

Mansur Nasution selaku Sutradara dari Manunggal Jaya Production dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Rektor yang telah mensupport pemutaran film di UISU. Dijelaskannya, film ini berkisah tentang perjuangan seoarang mahasiswi yang berjuang untuk tetap melanjutkan kuliah untuk mewujudkan cita-citanya sebagai guru.

Film ini, lanjutnya, mengandung tema tentang keagamaan, kerukunan dan pendidikan. 

Harapannya, semoga pemutaran film berjudul Sinandong Perawan dapat memberikan pelajaran kepada seluruh civitas akademika UISU serta bermanfaat bagi perkembangan perfilman di Sumatera Utara. Bahkan, kedepan pihaknya bekerjsama dengan klinik pantun akan menggagas pembuatan beberapa film yang mengangkat cerita dan kearifan lokal dari berbagai daerah di Sumatera Utara.