Orasi Mahasiswa Curi Momen Sambutan Edy Rahmayadi Di Ruang Paripurna DPRD Sumut

Orasi Tunggal Irwandi di Ruang Paripurna DPRD Sumut/Ist
Orasi Tunggal Irwandi di Ruang Paripurna DPRD Sumut/Ist

Orasi tunggal yang dilakukan oleh Irwandi Pratama saat berlangsungnya paripurna istimewa HUT Sumut ke 73 mencuri momen sambutan yang sedang dibacakan oleh Gubernur Edy Rahmayadi.


Mata peserta rapat paripurna, sontak beralih ke lantai dua dimana Irwandi meneriakkan kecaman atas naiknya harga BBM akibat yang terjadi akibat munculnya Peraturan Gubernur Sumatera Utara (Pergubsu) No 1 Tahun 2021 yang menaikkan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Sebelum diamankan petugas, mahasiswa UIN Sumut ini sempat meneriakkan orasinya dengan menyebut Edy Rahmayadi bukan lagi seorang gubernur yang bermartabat.

"Hidup mahasiswa, turunkan harga BBM, Sumatera Utara tidak bermartabat," teriaknya sembari memampangkan spanduk putih bertuliskan "Cabut Pergub No.1 Tahun 2021". 

Sembari ditarik keluar oleh petugas, pria itu mengungkapkan alasannya nekat masuk ke gedung paripurna DPRD Sumut. Ia berulang kali menyebut Edy Rahmayadi tidak bermartabat. 

"Gubernur Edy tidak bermartabat, turunkan BBM. Hari ini masih pandemi dan bulan Ramadan, kenapa harga BBM naik? Kami meminta kepada Edy untuk segera menurunkan hagar BBM," teriaknya. 

Setelah Irwandi diamankan dan dibawa keluar gedung Paripurna, Edy Rahmayadi melanjutkan pidatonya. Ia menyampaikan capaian-capaian Pemprov Sumut.

Rapat paripurna dewan itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Sumut, serta undangan lainnya.