Lelang Jabatan Sekda Sumut Segera Dibuka

Kantor Gubernur Sumatera Utara/Net
Kantor Gubernur Sumatera Utara/Net

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera membuka lelang jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu).


Informasi dari Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Hendro Susanto menyebutkan saat ini pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setdaprovsu tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk hal tersebut. 

"Ini sekarang BKD lagi di Jakarta untuk urusan lelang sekdaprov kita. Doakan semoga semuanya berjalan lancar," katanya, Rabu (23/11/2021)

Ia menjelaskan, di November 2021 ini lelang jabatan pimpinan tinggi madya itu harus sudah dibuka. Hal ini mengingat perpanjangan status penjabat (Pj) Sekdaprovsu, Afifi Lubis, telah dua kali diperpanjang.

"Perpanjangannya kan per tiga bulan. Hal ini terus kami kawal dan koordinasikan dengan Pak Faisal selaku kepala BKD, sebab sangat tidak baik jika banyak pejabat kita berstatus pelaksana tugas," ujarnya. 

Kepala BKD Setdaprovsu, Faisal Arif Nasution membenarkan bahwa tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat mengenai persiapan pembukaan lelang jabatan eselon I. 

 Setelah itu, pihaknya akan melaporkan kepada Gubernur Edy Rahmayadi selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) guna meminta petunjuk lebih lanjut sekaligus kapan waktu pembukaan dilakukan. 

"Segera, mudah-mudahan akhir November atau awal Desember (2021)," pungkasnya. 

Diketahui, sejak R Sabrina pensiun per 31 Mei 2021, posisi jabatan Sekdaprovsu lowong. Gubsu Edy Rahmayadi kemudian menunjuk Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprovsu pada 1 Juni 2021. Lalu pada 25 Juni 2021, Afifi dilantik oleh Gubernur Edy menjadi Pj Sekdaprovsu.