Kalah, Polii/Rahayu Tergeser Sebagai Pemuncak Grup A Di BWF World Tour Finals 2021

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu/Net
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu/Net

Ganda putri terbaik Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu gagal mempertahankan posisi sebagai pemuncak grup A sektor ganda putri BWF World Tour Final 2021.


Hal ini terjadi setelah mereka kalah dari ganda Korea Selatan Kim Soyeong/Kong Heeyong 15-21 dan 18-21, Kamis (2/12/2021).

Pertandingan Polii/Rahayu melawan Kim/Kong yang digelar di Bali Convention tersebut berjalan alot pada awal gim pertama. Kejar mengejar poin terjadi hingga kedudukan 6-6. Akan tetapi setelah itu, Kim/Kong mendominasi permainan. Perolehan angka mereka tidak mampu dikejar oleh peraih medali emas olimpiade Tokyo 2022 ini. Alhasil, gim pertama ditutup dengan kemenangan Kim/Kong 15-21.

Dominasi ganda Korea berperingkat 4 BWF itu terus berlanjut pada awal gim kedua. Mereka memimpin perolehan angkan hingga berhasil dikejar oleh Polii/Rahayu 9-9. Sesudah itu kejar mengejar poin terjadi hingga 18-18. Namun tiga poin penentu menjadi milik Korea. Pengamatan bola yang kurang cermat dari Polii menjadi poin terakhir bagi Korea sekaligus menutup pertandingan 18-21.

Dengan hasil ini, Polii/Rahayu harus turun ke posisi 2 grup A. Posisi ini bahkan rawan disalip oleh pemenang pertandingan lainnya di grup A antara 

Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai asal Thailand melawan Tan Pearly/Thinaan Muralitharan.