Jokowi Minta Pasar Produk Olahan Dari Daerah Diperluas Hingga Mancanegara

 Presiden Joko Widodo/Repro
Presiden Joko Widodo/Repro

Produk olahan dari berbagai daerah diharapkan dapat menembus pasar ekspor. 


Harapan ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo Tahun 2021, Jokowi meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendorong terciptanya iklim usaha yang dapat mendukung peningkatan ekspor produk Indonesia.

"Kita harus terus meningkatkan volume ekspor kita, memberikan fasilitas/memfasilitasi para pelaku usaha untuk agresif memanfaatkan peluang-peluang ekspor yang ada," ujar Jokowi di Istna Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10).

Jokowi ingin Pemda mulai mendorong produk apapun untuk berani berkompetisi di kancah internasional, dengan memanfaatkan peluang ekspor yang ada. Sehingga dengan begitu menurutnya, membuat produk Indonesia dikenal dan kompetitif di pasar global.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta jajaran Apkasi untuk memanfaatkan potensi pasar ekspor yang dinilainya masih terbuka lebar seiring dengan mulai pulihnya perekonomian di negara mitra dagang Indonesia seperti Tiongkok yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Jepang 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen.

"Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut," demikian Jokowi.