Joko Widodo Butuh Komunikator Yang Bagus Atas Banyaknya Istilah PPKM

Emanuel Melkiades Laka Lena/RMOLSumut
Emanuel Melkiades Laka Lena/RMOLSumut

Presiden Joko Widodo memiliki pekerjaan rumah (PR) yang besar terkait munculnya berbagai istilah kebijakan terkait penanggulanan covid-19.


Hal ini disampaikan Pimpinan Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lana terkait istilah terbaru PPKM Level 4 dan Level 3. Diketahui, istilah ini ditetapkan untuk menggantikan istilah sebelumnya PPKM Darurat maupun PPKM Mikro.

"Persoalan komunikasi ini jadi PR Joko Widodo, untuk saat ini butuh komunikator yang bagus," katanya saat berbicara pada talkshow virtual 'PPKM Darurat Diperpanjang: Keputusan Tepat?' yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (21/7/2021).

Politisi Golkar ini menyebutkan, faktor komunikasi memiliki peran penting terhadap keberhasilan program maupun kebijakan yang bertujuan untuk menanggulangi pandemi covid-19.

"Presiden Joko Widodo di era pandemi ini saya kira butuh jubir yang bisa menjelaskan dengan baik penanganan covid-19 sekaligus memberikan optimisme dan membangun soliditas publik," ujarnya.

Kondisi yang terjadi saat ini menurut Emanuel harus dijelaskan secara terbuka kepada masyarakat dan fakta yang ada harus disampaikan. namun, pola komunikasinya harus disertai dengan memberikan rasa optimisme untuk menggalang soliditas publik.

"Kita tidak bisa hanya berharap pada pemerintah soal penanganan pandemi, karena pandemi ini terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Berbeda dengan kalau kejadian luar biasa (KLB) pada satu daerah, bisalah pemerintah yang nangani. Tapi ini kan seluruh dunia, maka kita harus bersama," pungkasnya.