Jepang Ingin Sapu Bersih Medali Emas Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo

Ganda putri Jepang/Net
Ganda putri Jepang/Net

Tim Nasional bulu tangkis Jepang menargetkan sapu bersih medali emas pada perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.


Selaku tuan rumah, tekanan untuk menyapu bersih medali emas untuk lima sektor yang dipertandingkan sangat besar. Apalagi selama ini, mereka memiliki para pemain yang dinilai berpeluang besar meraih kemenangan.

Para pemain bulu tangkis yang dianggap sangat konsisten dalam beberapa turnamen setahun terakhir ini adalah Kento Momota pada sektor tunggal putra. Meski sempat absen akibat kecelakaan lalu lintas, namun Kento memperlihatkan kualitasnya saat kembali turun bertanding pada Januari 2020.

Timnas bulu tangkis Jepang memiliki kekuatan penuh di setiap sektor pada Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Jepang, 23 Juli-8 Agustus.

Mereka mendapat tekanan tinggi setelah lima sektor tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dapatkah Jepang mengikuti jejak China di rumah sendiri pada Olimpiade Beijing 2008, di mana tuan rumah memenangkan tiga medali emas dan punya wakil empat pada final?

China melanjutkan kesuksesan pada Olimpiade London 2012 dengan menyapu bersih lima keping medali emas bulu tangkis pada lima sektor.

Namun, jika Jepang ingin menyamai prestasi langka China tahun 2012, harapan mereka akan disematkan pada para pemain ini.

Juara dunia dua kali itu dianggap sebagai harapan meraih medali emas. Kemampuannya untuk bermain bulu tangkis tanpa kesalahan dalam waktu yang lama, ketepatan serta keahliannya, telah membuatnya meraih gelar-gelar pada turnamen penting.

Namun, Momota telah lama absen dari kompetisi menyusul kecelakaan lalu lintas serius pada Januari 2020 setelah dia memenangi Malaysia Masters.

Pada seluruh sektor ganda, Jepang juga memiliki para pemain yang mumpuni. Hal ini sudah mereka buktikan lewat tersajinya laga 'All Japan Final' pada tiga sektor ganda pada perhelatan All England 2021 lalu yakni pada sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. 

Pada sektor ganda putra Jepang memiliki Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Sedangkan pada sektor ganda putri Jepang juga memiliki Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Kemudian di sektor ganda campuran mereka memiliki Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Sedangkan pada tunggal putri mereka memiliki Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi.