Ini 5 Cara Mudah Meningkatkan Immunitas Tubuh Ditengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Immunitas atau daya tahan tubuh menjadi penting sebagai 'benteng pertahanan' agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Meningkatkan daya tahan ini menjadi penting apalagi di tengah pandemi covid-19 yang sedang terjadi.


Bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Solusinya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh yang dikutip dari berbagai sumber

1. Banyak Makan Sayur dan Buah

Mengkonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga imunitas tubuh agar berfungsi dengan baik. Karena sayur dan buah punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu imunitas dan organ-orang tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, buah dan sayur berwarna cerah menandakan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Karena antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel imun tubuh.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kronis (seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung), serta infeksi akibat virus dan bakteri. Jadi, pastikan sahabat IDwebhost untuk menyempatkan diri berolahraga setiap harinya, jika ingin imunitas tubuh tetap terjaga.

3. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tubuh dapat melakukan penyembuhan dan regenerasi ketika tidur. Itulah sebabnya tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mendongkrak imunitas tubuh. Jika sahabat IDwebhost tidak cukup tidur, imunitas tubuh akan terganggu dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat membuat fungsi imunitas tubuh terganggu. Tak hanya itu, perokok aktif juga memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Ditambah lagi, jika sahabat IDwebhost juga mengkonsumsi alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

5. Minum Suplemen Vitamin C

Pada beberapa kondisi, asupan vitamin dari makanan saja belum bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Salah satu vitamin yang tidak boleh sampai kurang asupannya adalah vitamin C. Kekurangan vitamin C juga dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit.