Hasil PKM, Mahasiswa FISIP UMSU Luncurkan D-GIFT 

FISIP UMSU luncurkan D-GIFT/Ist
FISIP UMSU luncurkan D-GIFT/Ist

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMSU meluncurkan D-GIFT, inovasi paketan hadiah digital kemasan ramah lingkungan. Inovasi ini merupakan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat nasional Pendanaan tahun 2021.


Setelah melaksanakan berbagai proses produksi, mulai 1 Juli 2021 ini, D-Gift akan resmi dipasarkan ke seluruh marketplace dan media sosisal official.

Peluncuran inovasi ini diketuai Peny Eriska (FISIP) bersama keempat anggota pengusul Alifah Hanum (FEB), Ernanda Gunawan Syahputra (FISIP), Lola Fadhillah (FKIP) dan Mutasya Biha (FKIP). Sebelumnya proposal mereka berhasil lolos pendanaan PKM Kewirausahaan dengan judul D-GIFT: Inovasi Bisnis Kreatif dengan Kemasan Ramah Lingkungan.

“Alhamdulillah, setelah melalui berbagai proses dari pra produksi hingga produksi, akhirnya kami resmi meluncurkan D-Gift. Peluncuran ini, tidak terlepas dari kerja keras tim, arahan dosen pendamping dan dukungan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” ujar Peny, Kamis (24/6).

Inovasi yang digagas Peny Eriska bersama tim, berawal dari keresahan mereka terhadap lingkungan sekitar yang tidak lepas dari sampah. Terlebih, paketan hadiah atau hampers yang sering dipasarkan saat momen wisuda, tidak hanya menyisahkan kenangan saja namun juga sampah.

“Iya, jadi D-Gift ini salah satu langkah kami untuk mengurangi permasalahan sampah. Berkat kegiatan PKM dari Kemendikbud, ide-ide seperti ini bisa terwadahilah,” tutur Alifah Hanum yang berperan di bagian pemasaran.

Berdasarkan penuturan Peny dan tim, D-Gift terbagi menjadi tiga variasi paketan hadiah dan dua jenis kemasan. Mulai dari D-Gift Istimewa yaitu paketan hadiah yang berupa berbagai e-voucher bermanfaat seperti gopay, ovo e-voucher desain hingga kartu ucapan. Selanjutnya. D-Gift Spesial yaitu paketan hadiah berupa e-voucher gopay, dana, e-voucher desain atau e-voucher kuota internet dan disertai kartu ucapan. Kemudian, D-Gift Custom yaitu paketan hadiah yang isinya dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Lalu, dilengkapi dua pilihan kemasan yaitu kemasan digital yang dikirim melalui email dan kemasan fisik berupa flashdisk kayu. Inovasi D-Gift ini sudah bisa dipesan di seluruh marketplace atau media sosial official seperti instagram @dgiftindonesia

Fadhil Pahlevi Hidayat, M.I.Kom selaku dosen pendamping menyatakan inovasi ini wujud peduli lingkungan bisa memberikan perubahan terhadap masalah sampah. Ia juga berharap hasil karya mahasiswa ini bisa sampai ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2021.