735 Tim Ambil Bagian Pada PIMNAS ke 34 di USU

Pembukaan PIMNAS 34 di USU/Ist
Pembukaan PIMNAS 34 di USU/Ist

Sebanyak 735 tim dari 108 perguruan tinggi ambil bagian dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU) yang secara resmi dibuka, Selasa (26/10/2021) oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Selasa (26/10/2021). 


Nadiem dalam sambutannya berharap PIMNAS 34 dapat memunculkan berbagai gagasan ries dan inovasi dari seluruh peserta.

“Saya tunggu gagasan-gagasan riset dan inovasinya. Karena menyambut momen Sumpah Pemuda, ini adalah waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk saling berkolaborasi membangun negeri,” ujarnya.

Nadiem juga mengingatkan kepada mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia untuk ikut program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebab program MBKM akan mendorong kreativitas dan inovasi sehingga membentuk karakter dan potensi diri.

“Jadilah mahasiswa-mahasiswa yang merdeka. Gunakan kesempatan emas (Program MBKM) yang baik ini untuk menggali potensi diri untuk kemudian berkontribusi bagi negeri,” katanya. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Ir Nizam MSc PhD, IPU, Asean Eng yang hadir di lokasi acara mengatakan, PIMNAS pada 2021 merupakan PIMNAS kedua yang digelar secara hybrid.

Ia menjelaskan, membentuk Indonesia Emas dan kemajuan ekonomi, Indonesia membutuhkan sumber daya yang unggul. “Ekonomi kita ke depan akan ditopang dengan kreativitas dan inovasi,” katanya.

Indonesia, kata Prof Nizam, memiliki DNA yang spesifik dalam bidang kreativitas, karenanya di Indonesia banyak keanekaragaman seni dan budaya. Keragaman musik, keragama pakaian adat, keragaman syair menandakan bahwa kreativitas orang Indonesia sangat tinggi.

“Ajang PIMNAS ini juga menjadi pembuktian bahwa mahasiswa-mahasiswa kita merupakan bibit-bibit unggul yang akan mampu merealisasikan Indonesia Emas sebagaimana dicita-citakan,” katanya. 

Prof Nizam menegaskan, bahwa mahasiswa yang berkompetisi di PIMNAS USU merupakan para finalis yang sejatinya sudah juara karena telah melewati rangkaian proses seleksi yang berjenjang. “Karenanya para mahasiswa harus mempertahankan kreativitas dan inovasi karena itu adalah kunci menuju Indonesia Emas,” ujarnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat berkompetisi kepada 735 tim mahasiswa yang berasal dari 108 perguruan tinggi se Indonesia. “Kompetisi ini merupakan ajang untuk memperjuangkan ide dan gagasan, dan yang terpenting adalah sebagai wujud komitmen kita dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

Rektor mengatakan, tema PIMNAS Ke-34 di USU sengaja mengangkat tema Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal  sebab kearifan lokal menjadi kekayaan bangsa yang harus dikembangkan hingga bisa bercita rasa internasional.

“PIMNAS ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi tenaga pendidik, para dosen atau kepala sekretaris program studi tentang ide dan gagasan mengenai riset dan inovasi di berbagai bidang, khususnya dalam rangka mengimplementasikan program MBKM,” katanya. 

Rektor juga berharap PIMNAS mampu menggugah dan menyalakan api semangat para mahasiswa untuk lebih aktif dalam berkreativitas, pengembangan ilmu, riset dan inovasi yang hasilnya bisa digunakan untuk membangun bangsa dan negara.