DPRD Medan: OPD Dituntut Mampu Ikuti Irama Gerak Cepat Walikota Medan

Rapat di DPRD Kota Medan/RMOLSumut
Rapat di DPRD Kota Medan/RMOLSumut

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan dituntut harus mampu mengikuti irama ritme kerja Walikota Medan M Bobby Afif Nasution.


Sehingga, visi misi dan program prioritas pembangunan Kota Medan yang tertuang dalam Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan 2021 2026 dapat terwujud.

Penegasan itu disampaikan anggota DPRD Medan yang tergabung di Panitia Khusus (Pansus) Ranperda RPJMD saat pembahasan di gedung DPRD Medan, Sabtu sore (7/8/2021). “Perlu ekstra  keseriusan dan inovasi setiap menjalankan tugas. Maka visi misi Walikota Medan dengan skala prioritas segera terwujud,” tegas anggota Pansus Mulia Asri Rambe.

Untuk itu kata Mulia Asri Rambe yang akrab disapa Bayek, Dia nya menekankan kepada seluruh OPD jajaran Pemko Medan supaya melakukan kolaborasi antar OPD dan instansi terkait. “Gunakan teknologi data base dan kolaborasi setiap menjalankan tugas dan perencanaan program. SDM (Sumber Daya Manusia) yang cemerlang dan langkah gesit dibutuhkan mengikuti gerak cepat langkah Bobby,” sebut Bayek.

Kolaborasi itu sangat penting, misalnya kata Bayek dalam perbaikan jalan rusak,  jika dilakukan kolaborasi maka dipastikan perbaikan skala prioritas dan hasil kerja yang berkualitas. “Tentu penggunaan anggaran lebih tepat sasaran dan terhindar dari Silpa,” ujar Bayek.

Penekanan yang sama dikuatkan Ketua Pansus RPJMD Kota Meean 2021-2026 Sudari ST, kepada seluruh pimpinan OPD dituntut mampu mengikuti ritme kerja Walikota Medan Bobby Afif Nasution. “Seluruh OPD harus paham dengan apa yang tertuang dalam program RPJMD. Sehingga visi misi Walikota benar benar tercapai,” ujar Sudari.

Dikatakan Sudari, saat ini sudah jelas terlihat keseriusan Walikota Medan Bobby Nasution untuk membangun kota Medan. “Melakukan berbagai gebrakan untuk perbaikan pembangunan. Tentu, jika hal tersebut tidak didukung OPD maka akan sia sia. Kami dari Legislatif akan lebih mensuport langkah Pemko Medan demi peningkatan pembangunan yang lebih baik,” tandas Sudari.

Kita lihat, kinerja dan jadwal padat Walikota Medan siang dan malam demi perbaikan Kota Medan. “Harus kita dukung, tak ada lagi dalam benak beliau (red-Bobby Nasution) mencari uang untuk pribadi namun fokus perbaikan pembangunan di Kota Medan,” sebut Sudari ST yang juga sekretaris DPD PAN Kota Medan itu.

Selanjutnya Sudari menyampaikan kepada pimpinan OPD supaya bekerja maksimal menggunakan anggaran dan menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menyesuaikan program dengan pertimbangan nuansa Covid 19 sehingga terhindar Silpa.

Rapat pembahasan RPJMD dipimpin Ketua Pansus Sudari ST didampingi Mulia Asri Rambe (Bayek), Wong Cun Wen, David Roni Ganda Sinaga, Edi Saputra, Parlindungan Sipahutar, Dedy Aksyari Nasution, Hendri Duin, Afif Abdillah dan Renville Napitupulu.

Hadir jajaran Pemko Medan, Kepala Bappeda, Benny Iskandar, Kadis PU Zulfansyah, Plt PKPPR Martondi, Kadis Sosial Sutan Endar Lubis, Kasat Pol PP, M Sofyan, Kadis Dukcapil Zulkarnaen, Kadis Pendidikan Adlan.