847 KK Jadi Korban Banjir Di Binjai 'Kota Idaman'

Personil BPBD Binjai mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir/Dok BPBD
Personil BPBD Binjai mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir/Dok BPBD

Banjir merendam 7 kelurahan pada dua kecamatan di Kota Binjai, Rabu (30/9). Data yang diperoleh sebanyak 3.456 jiwa dari 847 kepala keluarga menjadi korban dalam bencana banjir di kota yang dikenal dengan jargon 'Kota Idaman' tersebut.


Data dari pihak BPBD Kota Binjai menyebutkan banjir yang melanda pemukiman tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi pada Selasa (29/9) malam. Akibatnya, terjadi luapan pada daerah aliran sungai (DAS) Bangkatan dan DAS Mencirim.

Para korban di Kecamatan Binjai Selatan yang terdampak banjir yakni 200 KK di Kelurahan Rambung Barat, 54 KK di Kelurahan Rambung Timur, 10 KK di Kelurahan Rambung Dalam dan 30 KK di kelurahan Binjai Estate.

Sedangkan di Kecamatan Binjai Kota yakni 500 KK di Kelurahan Setia, 50 KK di Kelurahan Kartini dan 3 KK di Kelurahan Satria. Namun tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Pihak Satgas BPBD Kota Binjai sendiri melaporkan mereka terus melakukan evakuasi terhadap warga dari lokasi banjir hingga pukul 08.20 WIB pagi tadi. Mereka juga mendirikan tenda posko sebagai dapur umum sementara yang berlokasi di Kantor Lurah Rambung Barat.