Wakil Ketua DPRD Dukung Pembukaan 5 Prodi Kampus UINSU Tebing Tinggi

Misno Adisyah Putra/RMOLSumut
Misno Adisyah Putra/RMOLSumut

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Misno Adisyah Putra mendukung penuh pembukaan 5 (lima) Program Studi Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Kota Tebing Tinggi.


Pasalnya, keberadaan universitas di kota pelajar tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pembangunan khususnya pada sektor sumber daya manusia, sektor pendidikan dan sektor ekonomi. Strategi ini menjadi langkah penting untuk Pembangunan Kota Tebing Tinggi masa depan. 

"Saya siap mendukung penuh pembukaan 5 Prodi Kampus UINSU di Kota Tebing Tinggi, ditengah kondisi pandemi ini sangat diharapkan generasi milenial dan pelajar untuk dapat hadir memberikan solusi, kita harapkan mahasiswa dan alumni UINSU nantinya menjadi penggerak perbaikan melalui pendekatan agama dan keilmuannya.” Ujar Misno saat kunjungan kerja ke Kota Tebing Tinggi. (07/08)

Menurut alumni Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAINSU) Tahun 1992 yang sekarang telah menjadi UINSU, sekaligus penasehat Fraksi PKS DPRD Sumut ini, optimis bahwa keberadaan UINSU di Kota Tebing Tinggi akan dapat memberikan energi positif. Kemudahan untuk dapat menutut ilmu di perguruan tinggi negeri sebentar lagi akan menjadi hal nyata bagi masyarakat, bukan hanya masyarakat dan pelajar di Kota Tebing Tinggi melainkan juga daerah lain seperti Kabupaten Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Simalungun, dan Kota Tanjung Balai serta Kabupaten dan Kota lainnya. 

Diketahui UINSU adalah sekolah tinggi terbuka dan untuk umum, tidak hanya untuk islam saja melainkan juga agama lain. UINSU berpandangan bahwa moderasi beragama terbuka dan dimanfaatkan untuk mencerdaskan seluruh bangsa tanpa ada perbedaan agama dengan fokus kegiatan di kampus adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ditargetkan pada Tahun 2021, akan membuka penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama di Kampus UINSU Kota Tebing Tinggi yang terletak di Jalan Gunung Lauser Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. Sedikitnya akan membuka 5 (lima) Prodi yakni Prodi Ekonomi Islam, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, dengan rincian sekitar 350 sampai 400 mahasiswa baru untuk masing-masing Prodi.