Soal Spanduk Puan ‘Siap Teruskan Jokowi’, Pengamat: Puan Harus Deklarasi, Tak Zaman Lagi Cek Ombak

Spanduk bergambar Puan Maharani di Medan/RMOLSumut
Spanduk bergambar Puan Maharani di Medan/RMOLSumut

Spanduk bergambar Puan Maharani dengan tulisan ‘Siap Teruskan Jokowi’ menjadi spanduk terbaru yang muncul di beberapa tempat di Kota Medan setelah spanduk sebelumnya bertuliskan ‘Puan Maharani Presiden 2024, Perempuan Indonesia Bangkit’.


Meski tergolong massif, namun sosialisasi menggunakan spanduk yang dilakukan oleh Puan tersebut dinilai tidak cukup. Sebab, ada kecenderungan masyarakat belakangan ini lebih memberi perhatian pada sosok yang menyampaikan maksudnya secara langsung melalui media mainstream.

“Dalam konteks komunikasi politik, apa yang dilakukan dgn spanduk itu belum cukup. Puan harus menyampaiknnya maksudnya itu dengan pemanfaatan berbagai media. Bila perlu juga lewat konfrensi pers,” kata pengamat sosial dan politik, Dr Arifin saleh Siregar, Senin (8/8/2022).

Menurut Arifin, sejauh ini spanduk-spanduk bergambar Puan Maharani tersebut tidak akan efektif untuk menaikkan elektabilitasnya di tengah masyarakat. Bahkan, masyarakat menurutnya masih akan menebak-nebak sosok yang akan diusung oleh PDI Perjuangan mengingat ada beberapa kader lain yang juga santer disebut sangat layak maju menjadi calon presiden 2022 seperti Ganjar Pranowo.

“Maka dari itu, Puan harus menyampaikan ke publik apa maksud dari spanduk dan tulisannya sehingga publik juga tahu dan tidak menebak-nebak lagi. Sekarang ini bukan lagi waktunya tes ombak atau coba-coba, tapi saat ini justru sudah harus melakukan pendeklarasian maksud dan tujuan,” pungkasnya.