Silaturahmi Prabowo-Surya Paloh untuk Bangun Poros Politik

 Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh/Net
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh/Net

Pertemuan tertutup antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh selama 5 jam merupakan bagian dari penjajakan membangun poros politik baru dalam Pilpres 2024.


Silaturahmi ini digelar untuk saling memahami visi dan power sharing kekuasan, jika mereka gabung dalam satu poros politik.

Pengamat politik Arif Imam menjelaskan bahwa soal kinerja sebagai pembantu Presiden Joko Widodo di Kementerian Pertahanan, Prabowo belum memiliki catatan buruk. Sehingga Nasdem kemungkinan bisa kepincut dan mengenang kembali romantisme dengan Prabowo, guna membuka peluang untuk berkoalisi.

"Kinerja Menhan Prabowo relatif bagus sehingga boleh jadi ini menjadi daya tarik Nasdem untuk berkoalisi. Selain memang elektabilitas Prabowo juga masih tinggi,” katanya.

Dia mengatakan untuk koalisi Nasdem dan Gerindra bisa dilihat dari power sharing yang ditawarkan keduanya. Baginya, kedua partai cocok, memiliki probabilitas kemenangan dan power sharing.

Untuk kemungkinan koalisi sangat dimungkinkan dan kemenangan terbuka di depan mata. Namun, jika ditambah dengan PDIP akan menambah panas politik tanah air, lantaran adanya perang dingin Nasdem dan PDIP.

"Jika Gerindra dan PDIP berkoalisi dalam politik tentu masih sangat mungkin, meski saat ini disinyalir ada perang dingin antara Nasdem dan PDIP,” ucapnya.