Rusia Berhasil Kembangkan Vaksin 100 Persen Antibodi Covid-19

Sputnik V/Net
Sputnik V/Net

Institut Penelitian Epidemilogi dan Mikrobiologi Gamaleya Rusia, Sputnik V,  berhasil mengembangkan vaksin yang 100 persen menjadi antibodi terhadap virus covid-19.


Namun hasil ini merupakan uji vaksinasi vaksin yang diberi nama Carnivac-Cov tersebut terhadap hwan seperti anjing, kucing dan rubah kutub serta beberapa hewan lainnya.

Menurut hasil penelitian terbaru, semua hewan yang divaksinasi mengembangkan 100 persen antibodi terhadap virus corona. Kekebalan tersebut juga bertahan setidaknya selama enam bulan.

Menurut kepala institut tersebut, Alexander Gintsburg, vaksinasi untuk hewan diperlukan, bukan hanya untuk melindungi mereka dari Covid-19, namun juga mencegah penularan dari hewan ke manusia.

“Saya yakin bahwa Sputnik V juga akan secara efektif melindungi hewan, tetapi kita harus memvaksinasi orang pada awalnya,” kata Gintsburg, seperti dikutip Sputnik.

Pada akhir Maret, pengawas pertanian Rusia Rosselkhoznadzor, mengatakan bahwa vaksin Covid-19 untuk hewan yang bernama Carnivac-Cov sudah tersedia untuk dipesan.

Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin Covid-19 untuk hewan. Produksi massal vaksin tersebut bisa diluncurkan pada April.