Rumah Aspirasi dr Sofyan Tan Gelar Lomba Foto

Foto/Ist
Foto/Ist

Perjalanan  panjang Sofyan Tan di bidang sosial  dan politik membuatnya banyak bersinggungan dengan masyarakat.


Dan pastinya banyak masyarakat yang mengabadikan kegiatan tersebut.

Karena itu, sebagai kado perayaan ulang tahun Sofyan Tan ke 63 pada September mendatang, Rumah Aspirasi dr Sofyan Tan menggagas lomba foto, sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan dokumentasi kegiatan, baik di bidang sosial mau pun politik.

Ketua Panitia Lomba Foto Soyan Tan, Petrus Loo, mengatakan, pemilihan lomba foto ini dilatarbelakangi alasan bahwa sebuah foto kadang sering lebih "berbicara" dan "bercerita"  ketika kembali ke masa lalu.

“Untuk itu kami coba dengan cara membuat acara lomba foto yang menggambarkan kegiatan Sofyan Tan,” ujar Petrus Loo di Medan, Selasa (16/8/2022).

Ia menjelaskan, foto yang diikutkan lomba tidak memiliki batas waktu pengambilan, termasuk alat yang digunakan untuk memotret

“Tetapi untuk membedakan antara masyarakat awam dan profesional, maka kami buat dalam dua kategori, yakni kamera dan HP. sehingga masyarakat yang sudah sangat nyaman menggunakan kamera HP dapat ikut berpartisipasi, sementara kalangan profesional termasuk pewarta foto juga bisa ikut serta,” ucapnya didampingi Ferdy Siregar, salah seorang fotografer senior yang juga akan bertindak sebagai juri.

Pada kesempatan yang sama, staf ahli Sofyan Tan, Finche Kosmanto, menambahkan, untuk lomba foto yang baru pertama kali digelar ini, pihaknya tidak menargetkan jumlah foto yang masuk.

“Karena semakin banyak foto yang kami terima, maka akan semakin mudah kami mendapatkan foto-foto yang menggambarkan perjalanan hidup beliau, baik sebagai aktivis sosial mau pun aktivis politik,” kata Finche.

Ditambahkannya, berbeda dengan lomba foto lainnya, di kegiatan ini panitia akan memberikan piagam penghargaan digital yang di tandatangani oleh Sofyan Tan kepada setiap peserta. Artinya seluruh peserta medapatkan ini.

Kemudian dari foto yang diterima panitia, nantinya juri akan memilih 61 foto yang juga akan mendapatkan hadiah menarik, untuk kemudian diseleksi lagi menjadi 3 foto terbaik untuk masing-masing kategori.

“Plus 7 foto nominasi untuk masing-masing kategori yang juga akan diberi hadiah. Jadi lomba foto ini memang untuk berbagi kebahagiaan dan kegembiraan,” tambahnya.

Untuk lomba foto yang masa pendaftarannya akan berakhir 21 Agustus mendatang, panitia menunjuk Ferdy Siregar (pewarta foto), Fajar Ginting (ketua harian APFI ), Darwin Wu (Canon EOS Creator Indonesia) sebagai dewan juri.