Resmikan Gedung PASI, Pesan Edy Rahmayadi: Cari Bibit Atlet Hingga ke Pelosok

Edy Rahmayadi/Ist
Edy Rahmayadi/Ist

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pengurus Persatuan Altetik Seluruh Indonesia (PASI)  Sumut untuk mencari bibit atlet hingga ke desa-desa di seluruh kabupaten/kota,  untuk meraih kembali prestasi bidang olahraga. Salah satunya dengan melakukan pertandingan antarpelajar.


Demikian disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri sekaligus meresmikan gedung Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Sumut di Komplek Gedung Serbaguna Sumut, Jalan Wiliem Iskandar, Deliserdang, Sabtu (13/8).

Menurut Edy Rahmayadi,  dari sekitar 15 juta rakyat Sumut, 6 juta di antaranya adalah anak-anak muda dan ini  menjadi peluang besar untuk mendapatkan bibit atlet Sumut. "Ada enam juta anak muda Sumut, masak tak ada 100 orang dari 33 kabupaten/kota di Sumut yang jago renang, volly, tenis dan lari," katanya.

Sumut pernah menduduki peringkat ke-3 prestasi bidang olahraga, setelah DKI dan Jawa Timur. Dengan turunnya PASI mencari bibit atlet hingga ke pelosok Sumut, Edy  berharap pada PON 2024 nantinya prestasi ini bisa diukir kembali.

"Saya mau prestasi ini kembali lagi pada PON 2024 di Sumut, atlet Sumut tidak lagi sebagai penonton yang hanya bertepuk tangan, tetapi bisa mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional," tegas Edy.

Edy juga berpesan kepada para atlet yang telah berprestasi untuk tetap berlatih, hindari bermain-main, berpikirlah positif untuk terus meraih prestasi. Olahraga akan membentuk karakter dan menjadi orang yang bermartabat.

“Karena dalam olahraga ada nilai-nilai sportivitas, pantang menyerah dan menghargai segala bentuk usaha yang dicapai,” jelas Edy Rahmayadi.

Sementara Ketua PASI Sumut David Luther Lubis menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Sumut Edy Rahmyadi atas dukungannya hingga PASI Sumut memiliki sekretariat. "Kami PASI sangat terharu dan bangga, selama ini PASI tak punya rumah, tak punya kantor, pernah numpang di Bank Sumut dan Unimed, dan hari ini Alhamdulilah, berkat dukungan Bapak Gubernur Edy Rahmyadi  ini bisa terwujud," ungkap David.

David berharap gedung ini menjadi tempat atlet bekerja dan berkaloborasi, serta berkarya  agar atlet Sumut ini kedepan lebih bepretasi lagi.

Disampaikan  juga,  pada  Kejuaraan Nasional Atletik 2022, Sumut mengirimkan 25 atlet  dengan memperoleh 14 medali, terdiri dari 5 emas, 5  perak dan 4 perunggu. "Ini suatu kebanggaan buat saya selaku Ketua PASI Sumut, karena tahun kemarin hanya meraih 3 medali emas," katanya.

Turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut  Baharuddin Siagian, para pelatih, atlet dan pengurus PASI Sumut.