Saat ini, literasi dan inklusi asurasi di Indonesia masih rendah.
Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada tahun 2022, menunjukkan indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia sebesar 31,72% lebih rendah dibandingkan literasi perbankan sebesar 49,93%. Tingkat inklusi bahkan lebih rendah lagi yang hanya mencapai 16,63% jauh di bawah tingkat inklusi perbankan yang mencapai 74,03%.
Menyikapi kondisi ini, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus meningkatkan standar kualitas pelayanan dan profesionalisme tenaga pemasarnya. Dengan begitu, lebih banyak masyarakat Indonesia merasakan manfaat optimal dari asuransi, dan memiliki ketahanan finansial yang terjaga kokoh termasuk menghadapi risiko kehidupan di masa kini dan mendatang.
Chief Agency Officer Prudential Indonesia Rusli Chan mengatakan tenaga pemasar Prudential Indonesia memiliki peran penting sebagai ‘agen perubahan’ yang mendorong pemahaman masyarakat terkait literasi dan inklusi keuangan.
“Kami sangat percaya bahwa tenaga pemasar Prudential Indonesia adalah ‘agen perubahan’, garda terdepan kami dalam mendorong literasi dan inklusi asuransi di Indonesia,” katanya, Senin (17/7/2023).
Didukung oleh pelatihan terus menerus untuk meningkatkan kapabilitas tenaga pemasar sebagai agen perubahan, Prudential memiliki 3 program utama untuk meningkatkan kapasitas agennya, yakni PRUVerge, PRUMDRT dan PRUVenture.
PRUVerge dan PRUMDRT memberikan berbagai pelatihan intensif, pendampingan, serta evaluasi komprehensif yang bertujuan melengkapi para konsultan finansial dan para leader tenaga pemasar dengan keterampilan komprehensif serta kepemimpinan yang mumpuni. Sementara PRUVenture merupakan program pelatihan dan pengembangan yang intensif untuk mendorong para konsultan finansial mengembangkan karier keagenannya secara full time.
Selain juga adanya PRUuniversity, program pelatihan regular untuk meningkatkan profesionalisme karyawan dan tenaga pemasar agar dapat terus merespon tuntutan bisnis yang terus berubah secara cepat.
“Selain pelatihan, Prudential Indonesia juga memberikan inovasi digital untuk membantu para tenaga pemasar Prudential Indonesia yakni PRUforce, aplikasi seluler yang dikembangkan khusus untuk memberikan akses kepada tenaga pemasar terkait pembuatan laporan secara real-time, kapan saja dan di mana saja dengan berbagai fitur untuk mempercepat pelayanan secara signifikan. PRUforce juga hadir untuk meningkatkan pengalaman nasabah melalui berbagai manfaat seperti proses aplikasi yang lebih mudah (seamless application) serta persetujuan dan pengiriman polis yang cepat,” pungkasnya.
© Copyright 2024, All Rights Reserved