Promosikan Hunian Kabin di TCR, Menparekraf Sandiaga Bakal Ajak Kolega Kamping

Hunian Kabin di Danau Toba/Ist
Hunian Kabin di Danau Toba/Ist

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terus mempromosikan amenitas baru yang ada di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.


Bobocabin yang dihadirkan Bobobox sebagai pengembang dianggap sebagai angin segar peningkatan pariwisata di Danau Toba. Segala infrastrukturnya terus ditingkatkan supaya siap menerima wisatawan jika pandemik COVID-19 mereda.

“Seperti kita ketahui arahan dari Presiden adalah Danau Toba harus disiapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas dan Danau Toba merupakan bagian dari UNESCO Global Geopark. Oleh karena itu kita berkolaborasi untuk menghadirkan program yang tepat sasaran dan tepat manfaat. Garap semua potensi, agar Danau Toba menjadi destinasi super prioritas yang berkualitas, membangkitkan ekonomi kita, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga, disela soft launching, Bobocabin Signature secara daring, Jumat (6/8/2021) petang.

Untuk sementara ada 4 kabin yang berdiri dari total 30 kabin yang akan dibangun. Empat kabin yang telah rampung Letaknya di tepian bukit yang menghadap langsung ke Danau Toba. Dari dalam kabin, pengunjung bisa langsung memandang Danau Toba dengan dengan lanskap Desa Sigapiton yang diapit dua bukit pada sisi kiri kanannya. Pada malam hari, pengunjung juga bisa memandangi bintang. Karena, sebagian atap kabin dibikin transparan.

Lokasi kabin yang dibikin strategis memang menjadi daya tarik. Apalagi bagi pehobi kamping yang ingin merasakan kenyamanan di alam dengan teknologi modern. Bobocabin juga sangat cocok dijadikan tempat untuk self healing. Melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota untuk meningkatkan imunitas di tengah pandemik COVID-19.

Untuk kenyamanan dan kemudahan pengunjung, setiap kabin dilengkapi dengan kecanggihan. Berbagai fitur berbasis Internet of Things (IoT) disematkan di setiap kabin. Fitur yang paling menarik adalah smart window. Jendela kaca yang lebar itu bisa diatur transparan dan samar.

Selain itu, fitur lainnya antara lain mood lamps, dan Bluetooth Audio Speaker yang dapat dikendalikan langsung dari aplikasi di ponsel pengunjung. Kabin juga sudah dilengkapi sambungan internet nirkabel. Di pelataran kabin, terdapat fasilitas api unggun dengan beberapa kursi yang dibikin dari balok kayu.

Sandiaga pun mengajak beberapa koleganya untuk kamping bersama di TCR dan bermalam di Bobocabin. Termasuk Anggota DPR RI Sihar Sitorus yang merupakan kerabat Sandi semasa sekolah.

“Pada kunjungan berikutnya, saya sudah berniat akan bermalam di Bobocabin. Kita akan buat api unggun di sana. Bersama Bro Indra Gunawan, dan Pak Henky Manurung dan Jangan lupa pak Antonius Bong. Dan Pak Sihar. Tapi Pak Sihar bisa kamping gak nih?,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Bobobox Mitra Terpadu Indra Gunawan mengatakan pihaknya sangat bangga telah dipercaya dan menjadi mitra kerja sama dengan Kemenparekraf dan BPODT, untuk melaunching bobocabin signature di Danau Toba. Indra berharap dengan produk baru yang memadukan alam dan teknologi, dapat menjadi solusi wisatawan sebagai destinasi tujuan wisata baru.

“Ini adalah salah satu langkah inovatif yang dapat kita lakukan di tengah pandemi. Dan, kami berharap kedepannya akan semakin banyak inisiatif-inisiatif yang dapat kita lakukan sebagai solusi pemulihan ekonomi pariwisata di Indonesia,” pungkas Indra.