Prabowo Tertangkap Kamera Berbincang Dengan Israel, Ini Penjelasan Jubir

Momen berbincang antara Menhan Prabowo Subianto dan Kuasa Usaha Israel Itay Tagner/Net
Momen berbincang antara Menhan Prabowo Subianto dan Kuasa Usaha Israel Itay Tagner/Net

Momen perbincangan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dengan Kuasa Ussaha Israel, Itay Tagner menjadi perbincangan pasca beredarnya foto yang dipotret oleh fotografer AFP.


Perbincangan ini terjadi saat Prabowo menghadiri acara konferensi keamanan Timur Tengah yang berlangsung di Bahrain.

Momen ini sangat banyak menjadi perbincangan mengingat Indonesia dan Israel selama ini diketahui tidak memiliki hubungan yang erat sehingga jarang terjadi komunikasi antar pejabat kedua negara.

Menanggapi momen tersebut, jurubicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa tidak ada pembicaraan khusus pada momen tersebut yang menyangkut hal formal dua negara.

"Narasinya mohon dikoreksi. Yang ada adalah pertemuan tak terjadwal dan kebetulan di forum IISS, karena Pak Menhan sebagai pembicara di forum tersebut dengan peserta dari 300 negara termasuk Israel. Dalam forum itu terang sikap Pak Menhan,” ucap Dahnil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (21/11/2021).

Dahnil mengatakan Menhan Prabowo Subianto telah melontarkan pernyataan terhadap isu Palestina dalam acara terebut. Sebagai wakil Indonesia, Dahnil menyatakan bahwa Prabowo menegaskan dukungan penuh untuk kemerdekaan Palestina.

"Disampaikan Pak Menhan di Pidato beliau di forum IISS tersebut, mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina, dan mendukung penuh Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat,” katanya.

Prabowo juga menyampaikan pernyataan untuk mendorong perdamaian dan solusi-solusi damai untuk mengakhiri konflik di Palestina.

Meski tampak berbincang-bincang dengan Israel, Dahnil menegaskan bahwa Prabowo sebagai Menhan memiliki sikap yang tegas terhadap Palestina.

"Di depan semua delegasi termasuk Israel Menhan menyampaikan sikap terang mendukung penuh kemerdekaan Palestina,” tandasnya.