Pertamina Tindaklanjuti Teguran Erick Tohir Soal Gratis Toilet Di Seluruh SPBU 

Toilet SPBU/Net
Toilet SPBU/Net

Pihak PT Pertamina langsung menindaklanjuti teguran dari Menteri BUMN Erick Thohir terkait layanan toilet gratis pada seluruh Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU).


Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, mengatakan pihaknya sudah mengingatkan seluruh pengelola Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) untuk menggratiskan layanan toilet yang ada di SPBU. 

"Kami berterima kasih atas masukan pak menteri dan  masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik. Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Jadi sudah seharusnya gratis," katanya, Selasa (23/11/2021).

Selain gratis, Pertamina juga mengingatkan seluruh pengelola SPBU untuk memperhatikan kebersihan toilet guna kenyamanan masyarakat yang menggunakannya. 

"Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan  dan kenyamanannya," pungkas Taufik.

Diketahui Menteri BUMN Erick Tohir viral di media sosial setelah ia menemukan adanya pungutan di salah satu SPBU Pertamina yang ia datangi. 

Di SPBU itu, Erick menemukan setiap pengguna jasa SPBU yang hendak menggunakan toilet ditarik pungutan antara Rp2 ribu-4 ribu. Menurutnya hal itu tidak lazim mengingat toilet merupakan bagian dari fasilitas tambahan untuk layanan bagi pelanggan SPBU.