Pengamat: Joko Widodo Mulai Gerah Soal Capres 2024

Presiden Joko Widodo berpidato di GBK/Repro
Presiden Joko Widodo berpidato di GBK/Repro

Fenomena relawan pendukung Joko Widodo yang berkumpul di Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi pertanda ketidakpuasan terhadap PDIP yang belum mengumumkan kandidat bakal capres 2024.


"Di sini saya melihat relawan Jokowi mulai hilang arah. Mereka mulai ugal-ugalan mendesak deklarasi capres," kata pengamat politik Ikhwan Arif kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (28/11).

Kegerahan relawan ini pula yang dirasakan Presiden Joko Widodo.

Sejauh ini, PDIP masih bersikukuh menyimpan nama bakal capres dan cawapres yang akan diusung. Keputusan akhir pun ada di tangah Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Fakta ini sejatinya disesalkan Jokowi. Presiden Jokowi yang juga sebagai petugas partai, tidak bisa mengelakkan keinginan relawan.

Makanya, kata Ikhwan, Presiden Jokowi berani mengeluarkan kode-kode kriteria pemimpin Indonesia masa depan kepada relawan, yakni dengan menggunakan ciri-ciri berambut putih dan berwajah penuh kerutan sebagai ciri seorang pemimpin yang memikirkan rakyat.

"Manuver politik Pak Jokowi dalam pertemuan dengan beberapa relawan mengindikasikan kegerahan Pak Jokowi terhadap keputusan partai yang terlalu lama mendeklarasikan nama capres dan cawapres," tandasnya.