Pemprov Sumut Pastikan THR ASN Cair Sebelum Lebaran

Ismael Parenus Sinaga/RMOLSumut
Ismael Parenus Sinaga/RMOLSumut

Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1443 H bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan cair sebelum cuti lebaran.


Demikain disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut, Ismael Parenus Sinaga. Kebijakan ini menurutnya seiring dengan arahan dari Gubernur Sumatera Utaram Edy Rahmayadi.

"Arahan Pak Gubernur jelas kepada kami supaya THR itu kita salurkan sebelum cuti Lebaran," kata Ismael kepada wartawan di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (20/04/2022).

Menindaklanjuti arahan Gubernur Edy itu, Ismael mengatakan pihaknya dengan Pj Sekdaprov Sumut, Afifi Lubis, akan rapat pematangan pada Rabu sore. "Setelah itu besok atau secepatnya Pergub soal THR akan terbit," jelasnya.

Lebih lanjut Ismael mengatakan besaran THR yang akan diberikan, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022. 

Dalam PP 16 Tahun 2022 itu, sebut Ismail, THR diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum.

Kemudian 50% tunjangan kinerja per bulan, sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, atau kelas jabatannya bagi jabatan yang menerima tunjangan kinerja. "Basis pembayaran THR tahun 2022 adalah penghasilan bulan April tahun 2022," tambahnya.

Lebih lanjut Ismael mengatakan harapan Pemprov Sumut agar THR yang diberikan menjadi stimulus untuk peningkatan perekonomian, khususnya dari sektor konsumsi.

"Bukan cuma di Pemprov Sumut, termasuk stakeholder, termasuk perusahaan-perusahaan, bahkan asisten rumah tangga," pungkasnya.