Pelatih PSMS Medan Berharap PT LIB dan PSSI Bisa Yakinkan Pemerintah Gelar Kompetisi

Ansyari Lubis/RMOLSumut
Ansyari Lubis/RMOLSumut

Harapan besar agar kompetisi sepakbola di tanah air bisa berputar hadir dari sejumlah kalangan.


Tak terkecuali pelatih kepala PSMS Medan, Ansyari Lubis. 

Pelatih yang akrab disapa Uwak itu mengaku tak menutup kerinduannya akan kompetisi yang telah tertidur hampir dua tahun lamanya itu akibat pandemi Covid 19. 

"Rindu pastilah. Hanya saja kita kan gak bisa berbuat apa-apa, situasi yang membuat seperti ini. Tapi kita berharap PT LIB dan PSSI setidaknya bisa meyakinkan bahwa kompetisi sepakbola bisa digelar merujuk dari suksesnya perhelatan Piala Menpora dengan mengikuti Prokes yang ketat," ujar Uwak, Senin (2/8/2021).

Masih menurut Uwak, jika kompetisi kembali gagal digelar tentu Indonesia akan tertinggal dari negara lain yang sejak tahun sebelumnya memutar kompetisi. 

"Pasti kita akan tertinggal jauh dengan negara lain. Pemain kan butuh kompetisi untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya dan kesiapannya juga dalam melakoni setiap pertandingan," ujar Uwak. 

Saat ini bilangnya, PSMS sebagai salah satu klub pserta hanya bersifat menunggu hingga kepastian hadir dari PT LIB selaku operator yang kabarnya akan memutar kompetisi pada September mendatang. 

"Semoga saja. Kalau kita sifatnya menunggu arahan dari manajer. Jika memang ada kejelasan kompetisi kita akan menggelar latihan. Berharapnya sih secepatnya bisa latihan lagi," ucapnya.

*Pemain Wajib Latihan dan Setor Laporan Secara Daring 

Disinggung dengan kondisi pemainnya yang telah diliburkan lebih dari dua pekan itu, Uwak mengaku tetap dipantau. Bahkan, anak asuhnya wajib mengirimkan kegiatannya latihannya setia hari secara daring. 

"Untuk jaga kebugaran wajib setor laporan setiap hari. Kalau tidak pagi ya sore hari. Pemain yang punya klub lama dan berlatih bersama klubnya tidak kita larang biar mereka tetap menjaga kondisi dan sentuhan permainannya. Karena kalau latihan sendiri tentu bosan, pandai-pandai merekalah menjaganya," terang Uwak. 

Seperti diketahui para pemain PSMS Medan memilih kembali ke kediaman mereka setelah diliburkan karena adanya PPKM yang diberlakukan pemerintah. Pemain sendiri rencananya akan kembali berlatih setelah adanya kepastian.