Pelantikan Muryanto Amin Harus Dihormati dan Menjadi Akhir Dari Spekulasi Di USU

Edy Ikhsan/Ist
Edy Ikhsan/Ist

Pelantikan Rektor USU periode 2021-2026 Muryanto Amin akan digelar di Auditorium Gedung D Lantai 2 Komplek Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (28/1) besok.


Pelantikan ini diharapkan sekaligus mengakhiri spekulasi yang berkembang di universitas kebanggaan Sumatera Utara tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Edy Ikhas selaku jurubicara Muryanto Amin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/1). Menurutnya, Muryanto Amin sangat berharap agar seluruh pihak dapat memulai babak baru setelah dilangsungkannya pelantikan besok.

"Pak Muryanto Amin tidak mau ini terus menggantung dan tentunya beliau berharap dengan demikian akan menyudahi semua spekulasi itu dan USU bisa memulai babak baru dengan rektor yang baru yang insha Allah akan dilantik besok," ujarnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, pelantikan ini juga sekaligus menjadi penegasan bahwa pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memastikan Muryanto Amin tidak bersalah terkait tudingan melakukan aksi self plagiarisme. Dan keputusan itu harus dihormati.

"Ini keputusan yang harus kita hormati yang merupakan keputusan final dari kementerian," demikian Edy Ikhsan.