Lokot Nasution Usung Chairil Mukmin Tambunan Maju jadi Wali Kota Tebingtinggi

Chairil Mukmin Tambunan/Ist
Chairil Mukmin Tambunan/Ist

Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tebingtinggi masih dua tahun lagi, tapi sejumlah nama sudah mulai bermunculan.


Salah satu yang muncul dalam bakal Calon Wali Kota Tebingtinggi adalah Chairil Mukmin Tambunan. Tokoh pemuda yang sudah tiga periode menduduki kursi legislatif dari Partai Demokrat, dan memiliki rekam jejak pengalaman politisi yang menjunjung etika bernegara.

Ditemui saat membuka Turnamen Futsal Sahabat Lokot Nasution di Kota Tebingtinggi, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Muhammad Lokot Nasution menyatakan, Partai Demokrat akan  mendorong kader untuk mengikuti kontestasi kepala daerah, salah satunya adanya  Chairil Mukmin Tambunan SE, M.Si untuk Kota Tebingtinggi.

"Chairil Mukmin Tambunan layak diusung untuk maju menjadi Walikota Kota Tebingtinggi. Saya memutuskan mengusung Bang Chairil Mukmin Tambunan karena sejumlah komunitas pecinta olahraga meminta saya mengusung Calon Walikota Tebingtinggi ," katanya kepada wartawan, Minggu (20/11/2022)  di Anugerah Futsal Kota Tebingtinggi.

Lokot menyampaikan, sosok Chairil Mukmin Tambunan yang dikenalnya adalah seorang pemimpin yang sangat berkomitmen tinggi, dekat kepada agama, pekerja keras, tidak sombong dan bekerja terstruktur serta tidak terburu-buru juga kaya akan konsep. Hal inilah yang diyakini Lokot akan bisa menjadikan Kota Tebingtinggi lebih baik lagi dari masa sebelumnya. 

"Beberapa kali saya datang ke Kota Tebingtinggi, nama Chairil Mukmin Tambunan ini sering diusulkan sejumlah komunitas dan ulama untuk diusung menjadi Wali Kota Tebingtinggi. InsyaAllah rencana ini mendapat ridho Allah SWT serta sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat, Partai Demokrat akan siap mengusung Chairil Mukmin maju menjadi Wali Kota Tebingtinggi," tambahnya didampingi ketua sahabat Lokot nasution dan sekretaris asosiasi fudsal Kota Tebing tinggi.

Lebih lanjut, dia mengakui, beberapa kali pernah diskusi dengan Bang Chairil Mukmin Tambunan tentang kemajuan Kota Tebingtinggi pasca berfungsinya tol Medan Tebingtinggi dan akan berlanjut, Medan-Batubara. Dampaknya sangat besar bagi perekonomian masyarakat di Kota Tebingtinggi.

Dari diskusi yang cukup dalam tersebut, Chairil Mukmin memiliki konsep jitu untuk menciptakan dan menjaga perekonomian masyarakat yang lebih baik untuk Kota Tebingtinggi. Salah satunya dengan meningkatkan industri kreatif dan home industri yg akan dipasarkan keseluruh wilayah sumatera, juga akan menghitung ulang RUTR sehingga ketika pelabuhan Kuala Tanjung beroperasi dengan baik maka Kota tebing tinggi harus bersiap sebagai penyangga segala bentuk kegiatan yang memiliki nilai ekonomi dengan tujuan semakin sejahteranya masyarakat kota Tebingtinggi.

"Dari diskusi itu kami mengambil contoh Kota Pekalongan yang saat ini seperti mati suri akibat adanya Tol, Bang Chairil Mukmin ternyata sudah mempelajari hal itu, sehingga saya yakin, Kota Tebingtinggi akan lebih baik lagi jika dipimpin oleh Chairil Mukmin Tambunan," ucapnya.

Sedikit profil Chairil Mukmin Tambunan SE M.Si, sejak 2009 hingga saat ini tercatat sebagai Anggota DPRD Tebingtinggi, pernah menduduknya jabatan pimpinan DPRD Tebingtinggi, dua periode menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Tebingtinggi, dan menjabat sejumlah ketua komunitas olahraga seperti karate, bola dan lainnya.