Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Malaysia Minim 'Raksasa'

Kejuaraan badminton beregu Asia 2022/Ist
Kejuaraan badminton beregu Asia 2022/Ist

Kejuaraan Beregu Asia 2022 atau Badminton Asia Team Championship (BATC) yang akan di gelar di Setia Convention Center, Shah Alam, Malaysia pada 15 hingga 20 Februari 2022, semakin minim peserta berstatus raksasa bulu tangkis.


Hal ini menyusul penarikan diri tim China yang kemudian disusul oleh Thailand dan Taiwan.

Alasan penarikan tim ini masih berkaitan dengan pandemi covid-19 yang masih belum mereda. Mundurnya tiga negara tersebut membuat saat ini hanya 8 negara yang menyatakan ikut kejuaraan yang menjadi kualifikasi untuk putaran final Thomas dan Uber Cup 2022 pada Mei 2022 ini.

Delapan negara tersebut yakni Hongkong, India, Jepang, Indonesia, Singapura, Kazakhstan, Malaysia dan Korea Selatan. Melihat dari komposisi pemain yang dimiliki oleh masing-masing negara, saat ini Jepang menjadi negara yang paling diunggulkan untuk menjadi jawara. 

Mereka memiliki pemain bulu tangkis yang tangguh pada seluruh sektor mulai dari tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri hingga ganda campuran. Selain Jepang, tentu saja Malaysia menjadi negara yang juga diunggulkan karena berstatus tuan rumah.

Indonesia sendiri memastikan akan menurunkan pemain-pemain muda untuk mengikuti kejuaran ini.

Sama seperti dengan kejuaraan yang lainnya, Kejuaraan Beregu Asia 2022 memang digelar di tengah kasus covid-19 varian baru atau omicron sedang meningkat di beberapa Negara. Selain Kejuaraan tersebut dalam waktu dekat ini ada dua kejuaraan bergengsi yang akan menyusul yakni German Open 2022 dan All England 2022.