Kalangan Penyapu Jalan Selalu Ingat Kebaikan Rahudman Harahap 

Kalangan penyapu jalan kunjungi Rahudman Harahap/RMOLSumut
Kalangan penyapu jalan kunjungi Rahudman Harahap/RMOLSumut

Kalangan petugas kebersihan seperti penyapu jalan di Kota Medan ternyata tidak lupa terhadap kebaikan dari Mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap.


Hal ini mereka sampaikan saat berkunjung ke rumah Rahudman di Kompleks Setia Budi, Rabu (8/7).

Salah seorang diantara mereka bernama Ani mengaku dirinya dan teman-teman sudah merasa dekat dengan Rahudman Harahap. 

"Bahkan kita pernah mengunjungi bapak saat di Lapas. Kita berombongan dengan naik becak sampah. Karena kita memang mengidolakan pak Rahudman," ujar Ani.

Ani mengatakan, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Medan, Rahudman tidak pernah melupakan mereka saat sidak ke Petisah Tengah. Bahkan, beliau selalu turun untuk bersalaman dengan para penyapu jalan.

Walau cuma memberikan salam dan berbincang sekadarnya, itu membuktikan bahwa Rahudman perhatian kepada mereka yang hanya pegawai kecil.

"Itu yang membuat kita tidak bisa melupakan pak Rahudman Harahap. Perhatian dan ketegasannya membuat kita salut. Jarang ada pemimpin yang mau turun ke lapangan sekaligus mempertanyakan apa masalah kita," ungkap Ani dengan penuh semangat.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi Rahudman Harahap di rumahnya, Ani terlebih dahulu mengirim pesan. Dan ternyata pesan tersebut disambut hangat oleh Rahudman Harahap. Bahkan, mereka disuruh langsung ke rumah kediamannya.

"Banyak yang mau ikut. Terutama yang shift sore. Tapi saya tidak kasih izin, karena inikan lagi pandemi," tambahnya.

Ani mengatakan, saat Rahudman Harahap menjabat Wali Kota Medan, dirinya selalu menegaskan bahwa kebersihan adalah yang paling penting. Karena itu akan membuat orang lebih betah dan nyaman tinggal di sebuah daerah.

"Dulu, kita selalu mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih, sekarang ya kita pernah dapat gelar sebagai kota kotor," lanjutnya yang ditangguhkan semua teman-temannya.

Sementara itu, Mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap hanya tersenyum mendengar semua uneg-uneg yang dikeluarkan para penyapu jalan tersebut. 

"Bagi saya, itu bukan keluhan, mereka hanya mengungkapkan kepada saya karena sejak dulu sudah dekat," ungkap pria yang akrab disapa RH ini.

Rahudman memang menegaskan bahwa dirinya memang mementingkan kebersihan, karena itu sebagian dari iman. Selain itu, kebersihan juga akan membuat mata lebih sehat dan Indra penciuman juga akan lebih sehat.

"Saya kalau lihat yang kotor itu langsung pening, sakit mata saya melihatnya," ungkapnya.

Kedekatan Rahudman Harahap dengan para penyapu jalan ini bukan hanya terlihat dari silaturahim. Saat berkomunikasi kedua pihak menggunakan bahasa informal sehingga suasana pertemuan terlihat lebih santai.