Kalahkan Wakil Prancis, Jonatan Christie Lolos ke Babak 2 All England 2022

Jonathan Christie/Net
Jonathan Christie/Net

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melaju ke babak 2 atau 16 besar turnamen bulutangkis All England 2022.


  Hal ini terjadi setelah pada pertandingan babak 32 besar, Jonatan 'jojo' Christie menang atas wakil Prancis Brice Leverdez pada pertandingan hari pertama yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Rabu (16/3/2022).

Kemenangan atas wakil Prancis berperingkat 39 BWF ini diraih dengan tidak mudah oleh Jojo. Perbedaan peringkat yang terpaut 31 peringkat ternyata tidak membuat lawan mudah ditaklukkan. Tercatat, Jojo harus menyelesaikan 3 set untuk memastikan tempat di putaran kedua.

Permainan yang sangat baik diperlihatkan oleh Jojo pada set pertama. Ia tampil sangat dominan degnan memanfaatkan kombinasi pukulan lob dan drop shot yang membuat Leverdez kesulitan dan menyerah dengan angka 21-9.

Namun pada set kedua, Leverdez bangkit dan berbalik menekan Jojo yang harus membuatnya tertinggal jauh sebelum interval. Penampilan lawan terus membaik dan mendominasi pertandingan hingga menyelesaikan set kedua dengan kemenangan 16-21.

Pertarungan sengit terjadi pada set ketiga. Pada set penentuan ini Jojo maupun Leverdez tampil dengan sangat berhati-hati. Jojo sempat tertinggal di awal set sebelum akhirnya berhasil menyusul perolehan angka pada kedudukan 9-9. Hingga interval set ketiga, perolehan angka terus kejar-mengejar. 

Namun Jojo berhasil keluar dari tekanan saat skor 13-13 dan terus mendominasi hingga akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 21-17.

Pada babak selanjutnya, Jojo akan berhadapan dengan lawan berat asal Thailand Kunlavut Vitidsarn. Meski tidak berstatus unggulan, namun Vitidsarn merupakan juara pada turnamen German Open 2022 yang partai puncaknya digelar pada 13 Maret 2022 lalu.