Jadwal Tanding Belum Keluar, Pelatih PSMS: Itu Berkah 

Pelatih PSMS Medan Ansyari Lubis/RMOLSumut
Pelatih PSMS Medan Ansyari Lubis/RMOLSumut

PSMS Medan tidak mempersoalkan belum keluarnya jadwal tanding Grup A dan B kompetisi Liga 2 musim 2020.


Pelatih PSMS Medan Ansyari Lubis justru menganggap hal ini sebagai berkah karena mereka memiliki waktu yang relatif lebih banyak untuk menggenjot latihan.

Pelatih yang akrab disapa Uwak itu menilai, dengan belum diputuskannya jadwal kick off grup A dan D membuat tim mereka memiliki banyak waktu untuk menggenjot persiapan. 

"Kita sudah siap dengan putusan apapun. Jika  dimundurkan jadi berkah juga buat kita. Persiapan kita jadi lebih matang karena kita banyak dihuni pemain baru. Buat kita gak ada masalah. Yang penting pemain tidak terganggu dengan kondisi jadwal yang belum fix," tegas Uwak usai menggelar latihan di Stadion Mini Kebun Bunga, Rabu (22/9/2021) sore. 

Uwak juga mengaku akan menanamkan motivasi kepada anak asuhnya agar tidak terganggu dengan belum pastinya jadwal kompetisi. 

"Ini yang harus kita tanamkan juga. Kita tahu di grup sebelah (grup B dan C) pasti tanggal 26 September. Jadi kita gak ada masalah," ucapnya. 

Disinggung dapat keuntungan bisa mengetahui permainan lawan terlebih dahulu, Uwak tak ingin berspekulasi. 

"Itu non teknis lah. Kita ada asisten pelatih juga, bisa kita pelajari. Yang pasti kita fokus ke tim kita dulu, fokus bagaimana kita berbenah untuk menghadapi kompetisi di Palembang," sebutnya. 

Rencanakan Ujicoba 

Belum dapatnya waktu kick off juga membuat Uwak berencana menggelar satu laga ujicoba sebelum bertolak ke Palembang. 

"Kita belum dapat waktunya, kalau waktu sudah dapat, kita nantu bisa melakukan ujicoba lagi. Udah disampaikan ke manajer. Tinggal nunggu perintah biar semua singkron," tutupnya mengakhiri. 

Sebelumnya diberitakan bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengumumkan jadwal pertandingan untuk Liga 2 2021, Selasa malam (21/9/2021) kemarin. Akan tetapi, jadwal resmi tersebut tidak ditampilkan secara lengkap.

Hanya mengumumkan jadwal pertandingan Grup B dan C. Sedangkan untuk jadwal pertandingan Grup A dan D akan disampaikan kemudian.

Alasannya pun masih tetkait perkembangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Seperti informasi yang diperoleh, koordinator PPKM darurat Jawa-Bali yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Liga 2 bisa digelar di daerah yang menerapkan PPKM Level 3 dan 2 di Jawa-Bali.

Sementara itu, untuk pengumuman jadwal pertandingan di Grup A dan Grup D, rencananya akan disampaikan setelah PSSI dan LIB berkomunikasi dengan tim Koordinator PPKM luar Jawa-Bali. Untuk PPKM luar Jawa dan Bali di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.