Gubernur Edy Rahmayadi Tiba-Tiba Batal Lantik Wakil Wali Kota Binjai

Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Edy Rahmayadi/RMOLSumut

Pelantikan Wakil Wali Kota Binjai terpilih, Rizky Yunanda Sitepu yang dijadwalkan hari ini, Senin (4/10/2021) mendadak batal.


Padahal, jadwal pelantikan tersebut sebelumnya sudah disebar dimana disebut jadwal pelantikan yakni pada pukul 09.30 WIB di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan.

Informasi yang diperoleh, pembatalan ini terjadi karena kondisi dari Edy Rahmayadi yang kurang fit. Namun, sejumlah pejabat Pemprovsu yang berhubungan langsung dengan penjadwalan Gubernur tidak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut.

Diketahui, Rizky Yunanda Sitepu terpilih menjadi Wakil Wali Kota Binjai dalam proses di DPRD Binjai. Anak mantan Bupati Langkat dua periode, Ngogesa Sitepu itu, unggul mengalahkan kompetitornya, Hamdani Syahputra dalam proses pemilihan Wakil Wali Kota Binjai tersebut.

Rizky meraih 26 suara anggota legislatif Binjai, sedangkan Hamdani meraih dua suara, dan satu suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan tersebut dilandasi karena Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi, meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Posisi Juliadi lantas diambilalih oleh wakilnya, Amir Hamzah, yang kini sudah dilantik menjadi Wali Kota Binjai definitif.