Gempa M3,9 Guncang Sipirok, Tapanuli Selatan

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,9 mengguncang Tapanuli Selatan, Rabu (29/9/2021).


Pihak BMKG mengkonfirmasi, gempa tersebut terjadi pada pukul 11:39:08 WIB dengan titik gempa pada koordinat 1.70 LU dan 99.16 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Baratlaut Tapanuli Selatan. Kedalaman gempa sendiri berada pada jarak 1 km.

Berdasarkan analisis gempa, pihak BMKG memasukkan gempa tersebut pada kategori gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktifitas sesar aktif Sistem Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Skala Intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," katan Kepala, BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Menurut data, sejak gempabumi utama M 4,5 tanggal 28 September 2021 pukul 13:53:23 WIB hingga tanggal 29 September 2021 pukul 12.00 WIB, telah tercatat  4 kejadian gempabumi pendahuluan (foreshock) dan 15 kejadian gempabumi susulan (aftershock). Sementara gempabumi yang dirasakan 2 kejadian. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.