Fraksi PDIP DPRD Sumut Ingatkan Pemprovsu, Penyediaan Air Bersih Tanggungjawab Pemerintah

Artha Berliana Samosir/Ist
Artha Berliana Samosir/Ist

Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan manusia, karena itu kemudian menjadi tanggungjawab pemerintah.


Asupan air bersih secara rutin kepada setiap anggota masyarakat akan menjamin tumbuh kembang setiap anggota masyarakat berlangsung secara sehat, dengan demikian negara akan mendapatkan sumber daya manusia yang kuat dan kompetitif. oleh karena itu penyediaan, pengembangan pelayanan sarana dan prasarana dan distribusi air bersih harus dijamin keberlangsungannya oleh pemerintah.

Demikian disampaikan oleh juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Artha Berliana Samosir saat membacakan Pemandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Perusahan Umum Daerah Air Bersih Tirtanadi Sumatera Utara pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (30/6).

“Untuk memenuhi kebutuhan primer anggota masayarat tersebut melalui Perda No. 11 Tahun 1979, Pemrovsu telah mendirikan Perumda Air Minum Tirtanadi. Bertahun-tahun BUMD ini telah melayani ribuan kubik air untuk ratusan ribu bahkan jutaan anggota masyarakat Sumut setiap harinya. Semestinya, BUMD ini telah tumbuh dan berkembang menjadi perusahan besar, profesional, mandiri dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PAD Pemrovsu. bukan sebaliknya dan bahkan menjadi beban pemerintah daerah”, sebut Arta yang terpilih sebagai anggota DPRD Sumut melalui Dapil 1 Medan A.

Artha Berliana melanjutkan pembacaan naskah Pemandangan Umum F-PDI Perjuangan yang ditandatangani Ketua Fraksi Mangapul Purba, bahwa ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan primer bagi seluruh anggota masyarakat maka, segala upaya harus terus saja dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah kepada rakyatnya. salah satu bentuk tanggungjawab tersebut adalah perubahan peraturan-peraturan daerah tentang penyediaan air bersih yang disesuaikan dengan perkembangan dinamika pembangunan dan peraturan-peraturan di atasnya.