Edy Rahmayadi Lapor Ke Luhut Soal Tren Positif Covid 19 Di Sumut 

Gubernur Edy Rahmayadi melakukan Video Coference dengan Luhut Panjaitan/RMOLSumut
Gubernur Edy Rahmayadi melakukan Video Coference dengan Luhut Panjaitan/RMOLSumut

Angka perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Termasuk angka kesembuhan yang terus meningkat dan angka kematian dan kasus positif yang berhasil ditekan. Hal tersebut antara lain karena upaya penegakan disiplin protokol kesehatan terus dilakukan di daerah ini.


Demikian disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengikuti video conference (Vidcon) bersama Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan sejumlah gubernur lainnya, Senin (5/10), di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Gubernur menyampaikan, kondisi di Sumut mengalami tren perbaikan sejak langkah operasi penegakan disiplin protokol kesehatan dilakukan di sejumlah tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan seperti pasar, rumah makan, tempat hiburan dan kawasan jalanan. “Pekan terakhir ini kami sampaikan di Sumut ada penurunan. Selama ini kita terus melakukan operasi (razia) protokol kesehatan,” kata Gubernur.

Berdasarkan data rekapitulasi minggu pertama Oktober 2020, ada peningkatan 6,46 poin untuk kesembuhan dibanding minggu lalu menjadi 70,63% dan angka kematian menurun 0,5 poin dibandingkan minggu sebelumnya menjadi 4,14%. Jumlah kasus sembuh per 4 Oktober 2020 sebanyak 7.666 atau meningkat 1.103 dibanding sepekan yang lalu, meninggal 446 atau bertambah 22, suspek 931, dan konfirmasi 10.771 atau meningkat 644 kasus.

Untuk kasus Covid-19 aktif per 4 Oktober 2020 sebesar 2.694, menurun 481 poin dibanding minggu sebelumnya 3.175. Dari angka tersebut, 2.147 penderita konfirmasi (79,69%) melaksanakan isolasi mandiri dan 547 penderita konfirmasi (20,30%) dirawat isolasi di Rumah Sakit.

Sementara itu, dalam paparannya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta laporan perkembangan data penanganan Covid-19, terutama terkait operasi perubahan perilaku di masyarakat pada masa pandemi saat ini. Dari beberapa provinsi yang mengikuti konferensi jarak jauh tersebut, Luhut meminta agar semua gubernur tetap menjalankan operasi untuk penegakan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker serta menjaga jarak.