Edy Rahmayadi Ajak APINDO Dorong Perekonomian Sumut

Edy Rahmayadi/Ist
Edy Rahmayadi/Ist

  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian di daerah ini.


Apalagi saat ini tantangan perekonomian semakin sulit, karena ketidakpastian global.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat pengukuhan pengurus Apindo Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (7/12). Gubernur yakin dengan Sumber Daya Alama (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sumut  bisa memajukan daerah yang dia pimpin.

"Kondisinya saat ini tidak biasa, apalagi tantangan tahun depan, SDA kita melimpah, orang-orang kita luar biasa, tetapi kita perlu kolaborasi kuat untuk membangun Sumut," kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi juga yakin, setelah melewati tantangan yang ada akan muncul pengusaha yang berdaya saing dan unggul. Untuk melewati itu, menurutnya, perlu persiapan matang dan kerja sama yang kuat.

"Perekonomian kita belum stabil setelah Covid-19 kemudian perang dan juga kebijakan luar negeri beberapa negara, tetapi bila kita melewati ini dengan baik akan muncul pengusaha yang luar biasa," kata Edy Rahmayadi.

Pengurus yang dilantik pada kali ini antara lain Ketua  Apindo Sumut Haposan Sialagan, Sekretaris Hendy Kartono, Bendahara Very Iskandar dan jajaran pengurus lainnya yang akan menakhodai organisasi ini tahun 2022-2027. Jajaran pengurus dikukuhkan langsung Ketua DPN Apindo Heriyadi Sukamdani dan akan menakhodai

Haposan Sialagan mengatakan, pengusaha-pengusaha harus kompak dan berkolaborasi. Menurutnya, saat ini pengusaha tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dalam menjalankan usaha.

"Saat ini permasalahan kita banyak, pajak, izin, ada kawan kita yang usaha smart home sampai saat ini belum bisa karena perizinan, ada juga kontainer kawan kita yang tertahan 10 hari isinya makanan, kerugian miliaran dan akhirnya selesai, itulah kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri," kata Haposan.

Hadir pada acara pengukuhan ini antara lain Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Biro Perekonomian Naslindo Sirait dan Kepala Dinas Kominfo Ilyas S Sitorus. Hadir juga beberapa serikat buruh, DPK Apindo Sumut dan organisasi usaha lainnya.