Dugaan Suap Pemilihan Wakil Walikota Binjai, DPW NasDem Sumut Panggil 3 Kadernya Di DPRD Binjai

Ketua DPW Nasdem Sumut, Iskandar ST/RMOLSumut
Ketua DPW Nasdem Sumut, Iskandar ST/RMOLSumut

Pihak DPW NasDem Sumatera Utara (Sumut) merespon adanya isu suap pemilihan Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu yang disebut melibatkan tiga kader mereka yang duduk di DPRD Kota Binjai. 


Isu ini mencuat setelah beredarnya rekaman voice note berdurasi kurang lebih 1 menit 12 detik antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu dengan Irhamsyah Putra Pohan yang saat ini menjabat Ketua DPC PPP Kota Binjai yang didalamnya menyebut soal uang sebesar Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) untuk tiga orang anggota DPRD Binjai dari Partai Nasdem, sehingga totalnya yakni Rp 60.000.000.

Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST mengaku pihaknya sudah memanggil tiga kader mereka yang duduk di DPRD Kota Binjai yakni Syahrial, T Matsyah dan Khairul Sembiring untuk dimintai klarifikasi terkait hal ini. Tidak hanya itu, mereka juga memanggil Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu untuk hal yang sama. Namun ia belum bersedia membeberkan terkait hasil klarifikasi tersebut.

"Ketiga anggota DPRD (Binjai) dan Ketua DPD nya juga, untuk diklarifikasi. Nanti hasilnya akan kita sampaikan setelah kita dalami," katanya kepada RMOLSumut, Selasa (3/8/2021).

Diketahui Ihwal tudingan pembicaraan diduga terkait suap itu, diungkapkan oleh Ketua Forum Konsorsium Mahasiswa Pemuda dan Pelajar Kota Binjai, Yudhi Pranata. Kepada wartawan di Kota Binjai, Yudhi mengaku memiliki rekaman voice note berdurasi kurang lebih 1 menit 12 detik antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu dengan Irhamsyah Putra Pohan yang saat ini menjabat Ketua DPC PPP Kota Binjai. 

Kasus ini bahkan disebutnya akan diadukannya kepada pihak kepolisian.