Dave Laksono: Bukan Tunggu Arahan, KIB Justru Diskusikan Capres ke Jokowi Sebelum Ditetapkan

Dave Laksono/Ist
Dave Laksono/Ist

Penetapan calon presiden dan calon wakil presiden Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menunggu “arahan" Presiden Joko Widodo dimaksudkan bakal mendiskusikan siapa figur yang cocok bagi KIB.


Ketua DPP Partai Golkar Dave Akhbarsah Fikarno mengatakan, penetapan calon presiden KIB bakal didiskusikan terlebih dahulu dengan Jokowi dan agar tidak tergesa-gesa dalam menentukan calon presiden.

“Bukan menunggu arahan, tapi akan mendiskusikan lah, ini kan seperti yang presiden sampaikan di dalam HUT Golkar kemarin agar tidak tergesa-gesa dalam menentukan calon presiden, dia ingatkan juga agar tidak terlalu lama,” ucap Dave, Mingg (23/10).

Selain itu, kata Dave, KIB merasa perlu mendiskusikan dengan Presiden Jokowi karena pasangan Capres dan cawapres koalisi ini adalah partai politik yang saat ini merupakan partai pendukung pemerintah.

"Namanya Golkar saat ini adalah bagian dari pemerintah pasti akan mendiskusikan melibatkan presiden dalam menentukan siapa yang akan dicalonkan KIB dan kapan akan diumumkannya,” katanya.

Dia menegaskan arti menunggu arahan presiden itu, KIB bukan disetir oleh Presiden Jokowi dalam menentukan calon presidennya.

"Meskipun ketum kami bagian dari pemerintahan, tetapi partai memiliki otonomi  sendiri, memiliki kemampuan sendiri untuk menentukan calonnya,” tutupnya.