BWF Izinkan Chico Gantikan Vito di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Chico Aura Dwi Wardoyo/Net
Chico Aura Dwi Wardoyo/Net

Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo dipastikan dapat berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 atua BWF World Championship.


Hal ini terjadi setelah Chico mendapat lampu hijau untuk menggantikan Shesar Hiren Rhustavito yang ditarik oleh PBSI karena masih berkutat dengan masalah cedera betis yang didapatnya saat bertanding di babak perempat final Malaysia Open 2022 awal Juli lalu.

"Jadi secara total, Skuad Merah Putih untuk sektor tunggal putra tetap mengirimkan wakil maksimal yaitu empat wakil. Chico bisa dipastikan akan berangkat," kata Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy, Selasa (9/8/2022).

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis edisi tahun ini akan digelar di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus 2022. Para peserta hanya yang memenuhi syarat untuk tampil dengan penentuannya melalui sistem undangan dari badan bulu tangkis dunia (BWF). Chico sendiri mendapatkan undangan dari BWF untuk mengisi slot yang ditinggalkan oleh Vito.

Selain Chico, ganda campuran Indonesia Zachariah Josiahno Sumati/Hediana Julimarbela juga sudah mendapat izin dari BWF untuk menggantikan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso. Namun, slot yang ditinggalkan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah kemungkinan tak bisa diisi karena tak ada pelapis yang memenuhi syarat BWF.

Zacha/Bela bisa tampil karena sebelumnya berada di daftar tunggu undangan BWF.

"Setelah mundurnya Adnan/Mychelle dari Kejuaraan Dunia 2022, otomatis Zacha/Bela yang berada di daftar tunggu nomor satu berhak menggantikan mereka. Undangan untuk Zacha/Bela juga sudah kami terima," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Dengan perubahan terbaru ini, maka berikut daftar wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022:

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting

Jonatan Christie

Chico Aura Dwi Wardoyo

Tommy Sugiarto.

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Putri Kusuma Wardani.

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Ganda Putri

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Zachariah Josiahno Sumati/Hediana Julimarbela.