Bertemu Lawan Berat, Fajar/Alfian Selangkah Lagi Juara Thailand Open 2022

Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto/Ist
Fajar Alfian dan Mohammad Rian Ardianto/Ist

Selangkah lagi ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto untuk meraih juara Thailand Open 2022.


Ganda berperingkat  7 BWF tersebut tinggal butuh kemenangan atas ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi pada partai Final yang akan digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (22/5/2022).

Berdasarkan rekor pertemuan, Fajar/Rian sejauh ini masih unggul dibanding lawan yang berperingkat diatas mereka. Berdasarkan data pada BWFsoftware, Fajar/Rian masih unggul 2-1 dalam 3 pertemuan dengan lawan yang kini bertengger di peringkat 3 BWF.

Akan tetapi data tersebut sepertinya tidak dapat dijadikan sebagai garansi bagi ganda Indonesia yang kerap dipanggil Fajri ini untuk memenangkan pertandingan. Hoki/Yugo dikenal sebagai ganda yang sangat gigih dan memiliki daya juang tinggi. Dalam beberapa turnamen terakhir, ganda Jepang ini bahkan kerap membuat ganda Indonesia tersingkir.

Pada sisi lain faktor kelelahan yang dialami Fajri yang sebelumnya menghadapi ganda tangguh asal Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan.

Pada turnamen bertitel BWF Super 500 ini sendiri, ganda Jepang lebih diunggulkan dimana mereka ditempatkan sebagai unggulan ketiga, sedangkan Fajri menempati unggulan 5.

Beban di pundak Fajri menjadi sangat besar mengingat mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada turnamen ini setelah beberapa unggulan lainnya seperti Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan hanya mampu bertahan hingga babak perempat final.