Waspada, Ada Laporan Harimau Di Jalur Pendakian Gunung Sibayak

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

Warga yang kerap memiliki aktifitas di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) maupun di jalur pendakian Gunung Sibayak agar waspada. Hal ini karena beberapa laporan menyebutkan pertemuan warga dengan binatang buas Harimau Sumatera di kawasan tersebut.


Laporan ini tertuang dalam surat yagn dilayangkan oleh pihak Dinas Kehutanan UPT Pengelolaan Taman Hutan Raya Bukit Barisan Pemprov Sumut kepada pihak Balai Besar KSDA Sumatera Utara per tanggal 8 Oktober 2020.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala UPT Ramlan Barus tersebut dijelaskan, pihaknya telah menerima laporan dari warga yang mengaku berjumpa dengan Harimau Sumatera. Laporan tersebut mereka terima pada 29 Agustus 2020 lalu dari seorang petugas pemungut retribusi pendakian gunung Sibayak yang melihat binatang buas tersebut di sekitar jalan menuju pos pendakian Gunung Sibayak.

Laporan lainnya yakni tanggal 30 Agustus 2020 oleh warga Pak Sembiring yang melihat Harimau Sumatera Utara sebut di kawasan Gunung Sibayak. Kemudian laporan pada 30 September 2020 dari warga yang sedang mengendarai mobil menuju pos pendakian Gunung Sibayak yang juga bertemu dengan Harimau Sumatera.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Kepala Balai Besar KSDA Sumut untuk penanganan konlfik Harimau Sumatera di Kawasan TAHURA Bukit Barisan secepatnya," demikian isi surat tersebut.