Warga Bangkelang Serbu Layanan Bus Bakti Kesehatan Bermartabat di Mandailing Natal

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Mandailing Natal/Ist
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Mandailing Natal/Ist

Masyarakat Desa Bangkelang, Kecamatan Batangnatal, Kabupaten Mandailingnatal, menyerbu Bus Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB).


Masyarakat desa dan sekitarnya  memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

Pelayanan yang diberikan seperti operasi bibir sumbing, pelayanan KB, Iva test, sunatan massal dan pelayanan kesehatan lainnya. Diharapkan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Bangkelan akan pentingnya kesehatan.

"Tujuan utama kita ada meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan mudah-mudahan pelayanan kesehatan ini bisa membantu masyarakat mengatasi masalah kesehatannya," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai meninjau kegiatan BKB di Masjid U'Budiyah di Desa Bangkelang, Selasa (11/10) bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis.

Ada sekitar 50 anak-anak yang mengikuti sunatan massal dan 20-an ibu-ibu yang mengikuti Iva Test. Terlihat juga beberapa ibu dan bapak yang memeriksa kesehatan seperti cek kolesterol, tekanan darah dan lainnya.

"Mudah-mudahan ini membantu meringankan masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya," kata Edy Rahmayadi didampingi Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis mengatakan ini merupakan kegiatan rutin dinas yang dipimpinnya. Bekerja sama bersinergi dengan BKB untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama yang jauh dari fasilitas kesehatan.

"Kita utamakan untuk tempat-tempat yang agak jauh dari fasilitas kesehatan agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya kesehatan," kata Ismail.

Salah satu orang tua anak yang mengikuti sunatan massal, Siti Lubis mengaku senang dengan kehadiran Dinas Kesehatan dan BKB di desanya. Dia berharap layanan kesehatan ini bisa rutin dilakukan di desanya.

"Ini pertama kalinya ada kegiatan kesehatan, kalau keinginan kami ya maunya rutin, jadi kami semua sehat di sini, apalagi ke rumah sakit agak jauh dari sini, kalau bus ini kan agak lengkap fasilitas kesehatannya," kata Siti.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Gubernur Sumut ke Tapanuli Bagian Selatan. Setelah mengunjungi beberapa lokasi di Mandailingnatal, Gubernur beserta rombongan bergerak ke Kabupaten Padanglawas, Kamis (13/10), kemudian dilanjutkan ke Padanglawas Utara, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu.