Wali Kota Hendrar Prihadi Dukung Semarang Tuan Rumah Rakernas I JMSI

Pengurus JMSI Pusat dan Panitia Rakernas I JMSI berfoto bersama usai audiensi dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota, Senin (18/10/2021 / RMOL Jateng
Pengurus JMSI Pusat dan Panitia Rakernas I JMSI berfoto bersama usai audiensi dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota, Senin (18/10/2021 / RMOL Jateng

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Kota Semarang.


Rencana ini mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Hendrar Prihadi berharap kehadiran JMSI akan menjadi wadah bagi wartawan dan media digital tanah air untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Di awal-awal perubahan dari cetak ke digital, kami terus terang kelimpungan. Banyak diserang berita-berita digital yang tidak jelas. Saya berharap, kehadiran JMSI yang menjadi wadah bagi wartawan media digital dapat menjadi pencerah bagi masyarakat, termasuk dalam menjaga profesionalitas dan kredibilitas dalam pemberitaan," ujar Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, saat menerima audiensi pengurus dan panitia Rakernas I JMSI, di ruang kerjanya, Senin (18/10).

Hadir dalam audiensi tersebut Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, Ketua Bidang Kerjasama JMSI yang juga Ketua Panitia Rakernas Jayanto Arus Adi, serta Sekretaris Panitia Stefy Thenu.

Teguh Santosa melaporkan Rakernas I JMSI akan digelar di Semarang pada 10-12 November 2021, dihadiri sekitar 200 orang dari 30 pengurus daerah JMSI dan tamu undangan. 

"Rakernas merupakan amanat Munas JMSI yang digelar di Riau dan Jakarta secara virtual pada 29 Juni 2020," kata Teguh yang pada kesempatan tersebut juga menyerahkan buku karyanya 'Ditepi Amudarya' kepada Wali Kota.

Pelaksanaan Rakernas I JMSI di Kota Semarang, kata Teguh yang juga CEO RMOL Network itu,  tidak hanya membuat sejumlah program penting organisasi, namun lebih dari itu juga akan menyusun peta-jalan kampanye penanggunglangan Covid-19, termasuk di dalamnya kampanye sadar vaksin dan protokol kesehatan.

Di samping itu, peserta Rakernas akan mengunjungi beberapa tempat wisata yang terpuruk karena diterpa Covid-19 untuk melihat secara langsung kreatifitas pemerintah dan pelaku usaha wisata bertahan dan bangkit di era pandemi. Apa yang dilakukan pemerintah dan pelaku usaha wisata Kota Semarang dapat menjadi role model manakala disebarluaskan melalui media-media siber anggota JMSI yang berada di seluruh Indonesia.

Teguh menyatakan, komitmen JMSI menjadikan anggotanya kredibel dan profesional melalui kelembagaan yang tersertifikasi dan terverifikasi oleh Dewan Pers. Dari 30 provinsi yang memiliki pengurus daerah JMSI, 23 telah terverifikasi dan 12 diantaranya telah terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers. Selebihnya, tengah menjalani proses verifikasi.

"Ada lebih dari 700 media di Tanah Air, mulai sabang sampai merauke, yang berada di bawah naungan JMSI," kata pria yang tengah merampungkan disertasi tentang Reunifikasi Korea di Program Doktor Universitas Padjajaran Bandung ini.

Rakernas I JMSI dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan dihadiri Ketua Dewan Pers M Nuh dan sejumlah kepala daerah di Jateng. Rakernas juga akan resmi melantik pengurus daerah JMSI Provinsi Jateng dan beberapa pengurus cabang.