Wakil Ketua DPRD Medan: Tingkatkan Kesadaran Penerapan Prokes

Ihwan Ritonga/RMOLSumut
Ihwan Ritonga/RMOLSumut

Masyarakat di Kota Medan perlu meningkatkan kesadaran mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes) agar terhindar dari Covid-19.


Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga terkait tren peningkatan jumlah yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Kasus Covid-19 terus naik, itu karena kesadaran kita kurang terhadap prokes," katanya kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Politisi Gerindra ini menjelaskan, upaya menekan jumlah korban covid-19 harus dilakukan secara bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Kesadaran diri sendiri menjadi hal yang harus dibangun.

"Jangan karena takut razia baru melaksanakan prokes," ujarnya.

Menurut Ihwan, pemerintah juga telah membuat peraturan tentang bagaimana penanganan Covid-19. Maka itu, Ihwan berharap aturan yang dibuat pemerintah betul-betul dilaksanakan sehingga penekanan angka Covid-19 ini terus turun.

Seperti Kota Medan, Ihwan menilai Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah maksimal bersosialisasi, melakukan kunjungan PPKM Mikro, mulai dari restoran, tempat kuliner semua diwajibkan memakai masker.

"Tinggal masyarakat, ayoklah ini untuk kita bersama, supaya cepat angka Covid-19 ini menurun sehingga ekonomi kita  membaik. Sebab dampak dari pandemi Covid-19 ini luar biasa," tegasnya.

Apakah ada langkah lain agar masyakarat sadar untuk mengenakan masker, Ihwan mengatakan semua peraturan dan kebijakan yang dibuat pemerintah berupa protokol kesehatan sudah maksimal.

"Tinggal juga kita selaku pejabat publik dan tidak hanya anggota dewan, kita harus memberikan contoh kepada masyarakat, paling tidak dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan kita," tegasnya.