Wagub Sumut Berharap Indonesia Taijiquan Championship 2022 jadi Ajang Persiapan PON 2024

Foto/Ist
Foto/Ist

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi kegitan 1st Indonesia Taijiquan Championship 2022, memperebutkan Piala Master Supandi Kusuma.


Menurutnya semangat Supandi dalam membesarkan wushu meski sudah di usia senja (81 tahun) harus bisa menjadi motivasi.

“Kami tak bisa melupakan Pak Supandi. Ia korbankan hartanya untuk mengurusi wushu. Meski usia sudah  tua tapi  masih mau bergerak, masih mau berkorban dan semangat inilah yang harus kita contoh, jadi motivasi kita dalam memberikan manfaat ke orang lain,” ujar Ijeck, sapaan Musa Rajekshah saat hadiri penutuan 1st Indonesia Taijiquan Championship 2022 di Tiara Convention Center, Kamis (27/10).

Kompetisi ini, tambah Ijeck juga menjadi persiapan menuju PON 2024 dimana Sumut akan menjadi tuan rumah. Ia juga berharap gelaran yang sama bisa terus dilaksanakan rutin setiap tahun. “Semoga Bapak Supandi terus dalam keadaan sehat dan acara yang sama bisa dilaksanakan lagi ke depan bila perlu setiap tahun sebagai upaya dalam mempersiapkan bibit-bibit atlet yang berprestasi membanggakan Sumut ke depan,” katanya. 

Menurut Ijeck, wushu besar di Indonesia khususnya Sumut karena peran Master Supandi. Ia pun mengaku kenal wushu dari Master Supandi. Supandi sebelumnya pernah menjadi atlet, wasit, pelatih taiji hingga membina wushu secara keseluruhan. Bahkan ia juga adalah penyandang gelar DAN VIII Wushu Internasional.

1 st Indonesia Taijiquan Championships 2022 Master Supandi Kusuma Cup ini berlangsung sejak tanggal 22 Oktober  di GOR Mini Futsal Dispora Sumut. Pelaksanaan kejuaraan wushu ini berbeda karena khusus memperlombakan nomor Taiji, yang merupakan salah satu aliran dalam wuhsu.

Tampak hadir Master Supandi Kusuma, Anggota DPR RI Sofyan Tan yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan, Mantan Petinju Dunia Chris John, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Pengprov Wushu Sumut Darsen Song.