Viral, Warga Temukan Patung Purbakala Di Labura

Tangkapan layar postingan temuan patung purbakala di Labura/repro
Tangkapan layar postingan temuan patung purbakala di Labura/repro

Sebuah patung yang diduga merupakan peninggalan zaman purba ditemukan warga pada perkebunan sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara.


Temuan benda bersejarah ini memjadi viral di media sosial setelah diposting oleh akun facebook Arun Rambe dan diposting kembali oleh akun Laburaku.

Diwebutkan benda tersebut oleh Sarpin Ritonga di kebun warga di Dusun 3, Batu Sinanggar, Desa Meranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara pada Rabu (29/9/2021). Saat itu dia sedang menggali di kebun sawit.

"Patung itu beratnya 50 kg. Itu merupakan penemuan yang kedua. Kalau yang pertama berupa mangkok kuning beratnya 7,5 ons. Saya simpan di rumah," jelas Sarpin Ritonga saat dihubungi via selularnya, Jumat (1/10/2021).

Ia mengungkapkan, mangkok kuning itu sudah menjadi batu. Mangkok itu ditemukan oleh Sarpin sekitar bulan Juni 2021 lalu.

"Waktu itu pas saya lagi nanam sawit. Pas gali dibawah batang sawit yang sudah terbakar," papar Sarpin.

Sarpin juga mengungkapkan, menurut informasi yang dia peroleh bahwa zaman dahulu memang ada kerjaan di daerah

Dusun 3, Batu Sinanggar, Desa Meranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara.

"Kalau dari orang-orang tua disini, katanya zmaan dulu ada kerajaan yang di jajah disini. Ada juga gua, tapi gak bisa masuk," katanya.

Saat ini, lanjutnya, sejak penemuan itu, banyak orang yang datang ke ladangnya untuk melihat patung tersebut.

"Sekarang lagi rame itu bang kesana. Banyak yang mau lihat," tambahnya.

Temuan benda pertama kali itu tidak ia infokan ke publik. Sehingga tidak viral seperti penemuan patung. Namun, ia memberitahukan ke kepala desa.

Berdasarkan informasi yang ditulis akun Facebokm Laburaku, Penemuan patung itu pertama kali di unggah oleh akun Arun Rambe Rambe. Kemudian diposting kembali oleh h Akun Laburaku.