USU Tersingkir Dari 10 Besar Kampus Terbaik Indonesia, Peringkat Dunia Lebih Tragis

Biro Rektor USU/Net
Biro Rektor USU/Net

Peringkat Universitas Sumatera Utara (USU) menurun dalam setahun terakhir baik pada peringkat universitas secara nasional maupun peringkat dunia.


Data yang disajikan pada laman Webometrics.info pada ranking web of universities per hari ini, Kamis (29/7/2021), USU berada pada peringkat 24 Indonesia, sedangkan pada peringkat dunia yakni pada posisi 3.183.

Posisi ini untuk tingkat nasional turun cukup jauh, sebab pada Juli tahun 2020 lalu, USU pada pemeringkatan Webometrics berada di peringkat 8 Indonesia. Sedangkan pada peringkat dunia, posisi saat ini bisa dikatakan terjun bebas sebab pada tahun 2020, USU masih menghuni peringkat 1.564 dunia.

Berdasarkan pemeringkatan terbaru ini, peringkat 10 besar universitas di Indonesia ditempati Universitas Indonesia (UI), yang disusul Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknik Sepuluh November, Universitas Brawijaya.

Lalu, Universitas Airlangga, Telkom University, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gajah Medan (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.